NAPAK TILAS 180 TAHUN KELAHIRAN DR IL NOMMENSEN

BUPATI TOBASA : “IL NOMMENSEN TOKOH PEMBAHARUAN KEHIDUPAN ORANG BATAK”

Napak Tilas2Untuk memperingati 180 tahun kelahiran misionaris DR IL Nommensen, gereja-gereja yang tergabung dalam United Evangelical Mission (UEM) menggelar “Walk a Mile” (napak tilas-red) Tahun 2014, yang diawali dari Gereja HKBP Nauli menuju Gereja HKBP Sigumpar,Tobasa, Kamis (06/02). UEM adalah sebuah lembaga internasional yang bekerja di tiga benua yakni Eropah, Afrika dan Asia. UEM merupakan penerus Rheinische Missionsgesellschaft (RMG), lembaga missi Jerman yang telah mengirimkan Nommensen ke Indonesia pada tahun 1862.

Dalam barisan prosesi Napak Tilas ini, Ompu i Ephorus HKBP Pdt DR WTP Simarmata, Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak dan para pimpinan gereja lainnya seperti Ephorus GKPS, Ephorus GKPA, Ephorus HKI, Ephorus BNKP, Bishop GKPI dan Moderator GBKP bersama dengan seribuan jemaat berjalan kaki sekitar 1,6km. Turut juga moderator UEM Regine Buschman, Wakil Sekretaris Umum UEM Jurgen Bochardt dan cicit DR IL Nommensen.

“Walk a Mile” ini juga mengusung pesan moral sebagai bagian dari kampanye United Action  untuk menanggulangi kemiskinan dan perdagangan anak, juga di kalangan masyarakat di SUMUT. “United Action” atau “Upaya Bersama” dicanangkan di UEM sejak Sidang Raya 2012 di Tanah Karo.  United Action 2014 itu diluncurkan dalam peringatan Napak Tilas 180 Tahun Kelahiran Nommensen,  di Sigumpar.

Napak Tilas1Bupati Tobasa, Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyebutkan, “Walk a Mile” sebagai rangkaian peringatan kelahiran 180 tahun DR IL Nommensen (08 Pebruari 1834-2014), telah memberikan pemahaman baru akan pentingnya mengingat para pendahulu, yang telah mengabdikan diri dan telah memberikan teladan bagi orang Batak. “Pdt DR IL Nommensen merupakan tokoh yang membawa pembaharuan bagi kehidupan orang Batak”, ujar Kasmin.

Ephorus HKBP, Pdt. Willem Tumpal Pandapotan Simarmata mengungkapkan, pelayanan Nommensen sangat penting untuk kembali direnungkan, karena aspek holistik pelayanannya bukan hanya soal penginjilan, tetapi termasuk bidang sosial, kesehatan, lingkungan dan pendidikan. “Ada beberapa aspek yang secara sadar atau tidak telah membuat pelayanan kita menjadi timpang. Hancurnya lingkungan hidup dan rusaknya hutan, adalah dampak dari pelayanan kita yang parsial. Oleh karena itu, kita harus membayar dosa dengan kembali melayani  alam,”serunya.

Regine Buschmann, Moderator UEM dari Jerman yang datang pada kesempatan itu mengatakan umur gereja-gereja di Asia yang sudah dua abad memiliki kapasitas sama dengan gereja gereja di Eropah yang sudah lebih dulu memberikan perhatiannya kepada pengentasan ketidakadilan di seluruh dunia. United Action (UA) menjadi upaya bersama gereja gereja untuk memerangi ketertinggalan, ketidak-adilan, perhatian kepada kelompok rentan seperti perempuan dan anak-anak.

Senada dengan pemimpin UEM itu, inisiator yang lain, Sonia Parera Hummel, yang menjabat sebagai kepala departemen Asia UEM, menyampaikan pertumbuhan ekonomi dan perkembangan jemaat di Asia menunjukkan Asia memiliki peran penting untuk perubahan global, khususnya untuk mewujudkan dunia yang lebih adil.

Rangkain Napak Tilas ini juga diisi dengan pelaksanaan penanaman pohon di lingkungan gereja HKBP Sigumpar, ziarah ke makam DR IL Nommensen. Juga dilakukan pelepasan burung sebagai simbol harapan dan doa dari gereja-gereja bahwa misi Allah akan membawa kebebasan bagi setiap orang.

Napak TilasPdt. DR. Ingwer Ludwig Nommensen, adalah seorang missionaris Jerman yang dikenal sebagai “Rasul Batak” karena kegigihannya membawa injil dikawasan itu lebih dari satu setengah abad yang lalu. Ia lahir di Nordstrand, Denmark (kini Jerman), 6 Februari 1834  dan meninggal serta dimakamkan di Sigumpar, Toba Samosir, 23 Mei 1918 pada umur 84 tahun. Jasa dan pengaruhnya membuat sekitar 5 juta jemaat yang tersebar di belasan gereja protestan di Indonesia mengakuinya sebagai ‘rasul’ Batak.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s