PENGEMBANGAN KAWASAN WISATA ROHANI DR IL NOMMENSEN DI SIGUMPAR

PEMKAB TOBASA AKAN BANGUN GALLERY DAN GAPURA NOMMENSEN

Peringatan 180 tahun kelahiran Misionaris DR IL Nommensen disamping menggelar “Walk a Mile”, juga dijadikan sebagai momentum pengembangan makam DR IL Nommensen sebagai kawasan wisata rohani, yang terletak di komplek Gereja HKBP Nommensen Sigumpar, Tobasa.

Wisata Rohani NommensenRencana ini ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan pusat kawasan wisata rohani tersebut oleh Ephorus HKBP Ompu i Pdt WTP Simarmata, Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, para pimpinan gereja yang tergabung dalam United Evagelical Mission (UEM), calon Pengurus Yayasan Wisata Rohani Nommensen Irjen pol (purn) Thamrin Simanjuntak, dan undangan lainnya, beberapa waktu lalu di Sigumpar, Tobasa.

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan, pihaknya mendukung dan menghargai semua gagasan yang bermaksud membangun Tobasa, salah satunya dengan upaya pengembangan makam DR IL Nommensen menjadi kawasan wisata rohani. Disebutkannya, komplek gereja dan makam IL Nommensen memiliki nilai religi yang tinggi dan mampu menambah nilai spiritual kekristenan, karena di lokasi inilah jasad DR IL Nommensen dimakamkan setelah menghembuskan nafasnya yang terakhir pada 23 Mei 1918.

Kasmin menambahkan, untuk mendukung pengembangan kawasan wisata rohani di komplek gereja tersebut, pihaknya telah menyusun rencana pembangunan berbagai sarana pendukung, sehingga kedepannya dapat menjadi destinasi wisata yang mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Senada, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Tobasa, Ultri Sonlahir Simangunsong menyebutkan, sarana pendukung pengembangan wisata di lokasi tersebut, diantaranya berupa rencana pembangunan gallery mini berbentuk “ruma sopo” (rumah adat Batak-red) dan pembangunan gapura di pintu masuk areal tersebut. Selanjutnya, secara bertahap dan terencana, dikatakan, pihaknya akan menyusun berbagai program yang dapat mendukung pengembangan kawasan wisata rohani tersebut.

Ditambahkan, gallery mini dan gapura tersebut akan dihiasi dengan ornamen ukiran gorga Batak yang kaya nilai artistik. Dalam gallery tersebut nantinya, diharapkan akan dapat menggambarkan catatan perjalanan DR IL Nommensen dalam membawa penyebaran injil, pengembangan pendidikan dan kesehatan di Tano Batak.

Disebutkan Ultri, DR IL Nommensen merupakan tokoh yang telah tercatat dalam Arsip Nasional Republik Indonesi (ANRI). Artinya, menurutnya, tokoh ini bukan lagi hanya dimiliki satu daerah, etnis maupun agama lagi, melainkan telah menjadi tokoh milik nasional. Karena itu, dia berharap dukungan dari berbagai pihak di seluruh Indonesia dalam pengembangan kawasan wisata ini sangat dibutuhkan.

“Kita sangat mengharapkan dukungan seluruh pihak guna percepatan pengembangan areal ini sebagai kawasan wisata rohani”, ujarnya.

Dengan fasilitas yang didukung pemkab ini serta konsep pengembangan wisata rohani oleh Yayasan Wisata Rohani Nommensen, Ultri berharap pertumbuhan jumlah kunjungan wisatawan ke Tobasa nantinya akan semakin pesat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s