CAMAT ULUAN : “PEMBENAHAN INFRASTRUKTUR PERTANIAN MASIH MENJADI PRIORITAS”

MUSRENBANG KECAMATAN ULUAN SUKSES

Uluan1Pada pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Uluan baru-baru ini, Camat Uluan Elisber Tambunan menyebutkan, pembenahan infrastruktur pertanian masih menjadi prioritas kebutuhan warganya. Hal ini mengingat, sebagian besar warganya menggantungkan mata pencaharian dari bertani.  Pada musrenbang yang juga dihadiri oleh hampir seluruh komponen masyarakat dari seluruh desa di Kecamatan Uluan, berlangsung interaktif, khususnya pada sidang kelompok yang berlomba menawarkan usulan pembangunan skala prioritas di desanya.

Elisber berharap, pelaksanaan musrenbang ini bukan hanya suatu “ritual” tahunan dalam perencanaan pembangunan, namun kiranya dapat benar-benar sebagai wadah untuk menampung dan mengakomodir keinginan masyarakatnya. Karena itu, diharapkannya, agar para kepala desa dan elemen masyarakat kecamatan Uluan, benar-benar memanfaatkan momentum ini, untuk mendorong pembangunan di wilayah tersebut secara lebih terarah dan berkesinambungan.

Dari berbagai usulan yang disampaikan, katanya, pembenahan saluran irigasi, jides, jitut masih mendominasi prioritas usulan warganya. Disamping itu, mantan Camat Borbor mengatakan, beberapa desa di wilayahnya juga memiliki sumber daya alam yang potensial di bidang pariwisata. Disebutkan, Desa Siregar Aek Nalas, merupakan desa dengan potensi wisata yang sangat strategis. Namun untuk mengembangkan wilayah ini, menurutnya, dibutuhkan perhatian yang serius untuk perbaikan infrastruktur jalan dan sarana pariwisata.

UluanSementara, Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam arahannya, meminta agar usulan program yang diusulkan benar-benar realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat bukan keinginan. “Karena itu, hendaknya musrenbang tingkat kecamatan, dapat dilaksanakan dengan penuh kesungguhan para pemangku kepentingan”, ujar Kasmin menghimbau.

Antusiasme seluruh pemangku kepentingan yang berpartisipasi dalam musrenbang di Kecamatan Uluan mendapat apresiasi dari Bupati Tobasa. Ini menurutnya, sebagai bukti besarnya kepedulian seluruh lapisan masyarakat untuk terlibat langsung dalam perencanaan pembangunan di daerahnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s