RKPD TOBASA TAHUN 2015 DIKONSULTASIKAN KE PUBLIK

Konsul PublikBupati Tobasa melalui Wabup Liberty Pasaribu menyebutkan, untuk Tahun 2015, perencanaan pembangunan Tobasa akan berfokus pada peningkatan pemberdayaan perekonomian daerah dan pemeliharaan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur daerah. Ini disebutkan, telah diselaraskan dengan agenda pembangunan nasional yang pro poor, pro job, pro growth dan pro environment.

Untuk pencapaian tersebut, maka perlu diciptakan keterpaduan segala bentuk aktivitas perencanaan pembangunan yang akan dimuat dalam rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). Karena itu, katanya, saran dan masukan dari seluruh pemangku kepentingan pembangunan sangat dibutuhkan untuk penyempurnaan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). Demikian disebutkan dalam konsultasi publik rancangan awal RKPD Kabupaten Tobasa Tahun 2015, Selasa (04/04) di Balai Data Kantor Bupati Tobasa, di Balige.

Dikatakan lagi, konsultasi publik merupakan tahapan yang sangat penting, karena pada proses ini, akan terjaring berbagai pokok pikiran dari seluruh stakeholder yang akan bermanfaat dalam penyusunan RKPD tersebut. Diyakininya, keseluruhan proses perencanaan pembangunan tersebut akan mendorong tercapainya visi dan misi yang diusung.

Senada, Ketua DPRD Tobasa, Sahat Panjaitan menekankan, pentingya pertimbangan isu-isu strategis dalam penyusunan RKPD. Menurutnya, RKPD harus memperhatikan isu-isu seputar kemiskinan, lapangan kerja, pelestarian lingkungan hidup dan isu strategis lainnya. Untuk itu, Sahat berharap, dalam rancangan tersebut akan tercipta sinergitas seluruh pemangku kepentingan, sehingga perencanaan yang disusun akan lebih memperhatikan masyarakat. “Masyarakat harus menjadi subjek pembangunan, bukan lagi menjadi objek”, tegasnya.

Konsul Publik2Kepala Bappeda, James Silaban dalam paparannya menyebutkan, program prioritas Pemkab Tobasa Tahun 2015 meliputi, terwujudnya pemerintahan yang bersih dan berwibawa, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia. Kemudian, peningkatan pembangunan infrastruktur, terwujudnya pengembangan ekonomi rakyat, serta optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam juga termasuk prioritas pihaknya. Prioritas lainnya, katanya, juga termasuk pemeliharaan stabilitas kehidupan bermasyarakat yang aman, tertib dan dinamis.

Dalam konsultasi publik ini, para peserta konsultasi publik juga disuguhkan dengan paparan tentang produk dan kebijakan pemberian kredit oleh PT Bank Sumut yang dibawakan Pinca PT Bank Sumut Balige, Nelson Hutapea. Paparan juga disampaikan Kepala BPS Tobasa, Darwis Sitorus yang mengangkat topik tentang ketangguhan penguasaan data dalam pelaksanaan pembangunan. Acara juga diisi dengan sesi tanya jawab yang berlangsung interaktif.

Hadir pada kegiatan ini, para pimpinan SKPD, Staf Ahli Bupati, Camat dan perwakilan masyarakat dari masing-masing kecamatan, Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri /Swasta, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM)/Organisasi Pemuda dan dari berbagai ikatan Profesi termasuk insan pers.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s