DIHADIRI BUPATI TOBASA, KPU DAN POLRES TOBASA GELAR RAKOR PEMILU 2014

BUPATI KASMIN SIMANJUNTAK: “PEMILU MOMENTUM MENJAGA ETIKA DAN NILAI DEMOKRASI”

Rakor Pemilu3Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) yang meliputi pemilihan calon legislative dan calon presiden/ Wapres mendatang, Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak, meminta partisipasi dan kerja keras semua pihak, termasuk dalam menjalankan seluruh tahapan pelaksanaan Pemilu. “Semua pihak perlu memastikan, Pemilu 2014 berlangsung lancar, tertib dan damai. Dan tidak kalah penting Pemilu harus memenuhi standar yang berlaku universal”, ajaknya pada pelaksanaan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Pemilu Tahun 2014, yang diselenggarakan kerjasama KPU dan Polres Tobasa, di Tio Convention, Sere Nauli Hotel, Laguboti, Rabu (05/03).

Untuk penyelenggara Pemilu, yakni KPU dan Panwaslu, Bupati berharap, agar kualitas pemilu ini dapat ditingkatkan melalui pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya. Sedangkan kepada seluruh parpol peserta pemilu di Tobasa, Kasmin mengharapkan, adanya komitmen dalam berkompetisi secara sehat. Dan, para parpol juga dapat memastikan, caleg yang diusung merupakan caleg yang memegang teguh prinsip siap menang dan kalah.

Karena itu, ditekankannya, dalam mekanisme pelaksanaan pemilu, baik penyelenggara dan peserta pemilu serta masyarakat, untuk tetap menjaga nilai dan etika demokrasi. “Ajaklah seluruh masyarakat  yang telah memiliki hak pilih untuk tidak golput dan memilih sesuai nuraninya”, ujarnya.

Rakor Pemilu2Sebelumnya, Kapolres Tobasa AKBP Edy Faryadi  juga menyampaikan ajakan agar seluruh pihak dapat mensukseskan Pemilu 2014, dengan mengambil pengalaman sebagaiman pemilu sebelumnya. Penyelenggara pemilu juga diharapkannya untuk dapat menjaga transparansi dan akuntabilitas hasil pemilu. Momentum Rakor yang diselenggarakan tersebut, diyakininya akan dapat menyatukan tekad dan komitmen untuk mengawal pemilu supaya berlangsung aman dan tertib. AKBP Edy Faryadi juga menyatakan kesiapan pihaknya mengamankan Pemilu 2014. Hal serupa juga dikatakan Dandim 0210/TU Letkol (inf) Viktor Tampubolon, bahwa pihak TNI telah siap mensukseskan pemilu dengan menyiapkan satuan-satuan pengamanan pemilu.

Kajari Balige Harly Siregar berharap, momentum ini dapat dijadikan untuk menjawab menurunnya tren masyarakat dalam memilih. Parpol diajaknya untuk dapat mendorong partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam pesta demokrasi tersebut, sehingga euphoria demokrasi dapat lebih terjaga.  Dikatakannya lagi, untuk suksesnya pelaksanaan Pemilu, terkait peran kejaksaan dalam Gakumdu, Kejari Balige telah memiliki jaksa yang berkompeten sebagai jaksa penyidik untuk menangangi tindak pidana pemilu.

Rakor PemiluRakor yang dihadiri seluruh ketua parpol dan caleg peserta Pemilu 2014 di Tobasa ini, juga diisi dengan paparan Ketua KPU Tobasa Rinto P. Hutapea seputar mekanismen Pemungutan dan Penghitungan Suara serta Penetapan Perolehan Kursi dan Penetapan Calon Terpilih. Paparan juga disampaikan Ketua Panwaslu Tobasa, Guntur Hutajulu yang menguraikan kesiapan pihaknya dalam pelaksanaan Pemilu nanti. Acara juga diisi dengan penandatanganan nota kesepakatan untuk menjaga pemilu damai di Kabupaten Toba Samosir oleh seluruh parpol peserta pemilu disaksikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Ketua DPRD Tobasa, Ketua KPU dan Ketua Panwaslu Tobasa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s