Berita Terbaru

TP PKK KABUPATEN/KECAMATAN/ DESA DILATIH TPK3PKK

BUPATI TOBASA : KEMITRAAN DENGAN PKK SEBAGAI TANGGUNG JAWAB SOSIAL MEWUJUDKAN KELUARGA SEJAHTERA

IMG_1580Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyebutkan, untuk optimalisasi kegiatan gerakan PKK, diperlukan dukungan masyarakat, lembaga masyarakat, lembaga pemerintah dan dunia usaha. Kerjasama dan kemitraan para pihak tersebut dengan PKK, katanya, merupakan tanggung jawab sosial dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar keluarga. Menurutnya, PKK telah berperan dalam memberdayakan keluarga dalam meningkatkan kesejahteraan lahir bathin serta maju dan mandiri.

Karena itu, dari sisi pemerintahan, disebutkannya, telah menginstruksikan SKPD agar menyusun program yang berbasis pada pemberdayaan perempuan di desa. Hal ini diamanatkannya saat membuka secara resmi pelatihan Tim Penggerak dan Ketua-Ketua Kelompok Pemberdayaan dan Kesejahateraan Keluarga (TPK3PKK) Kabupaten Tobasa, di Balai Data Kantor Bupati Tobasa, Jumat (07/03) di Balige.

Menurutnya, untuk keberhasilan suatu program seperti Program PKK, diperlukan rencana kerja yang proporsional sesuai kebutuhan dan kemampuan. Profesionalisme dan wawasan para tim penggerak dan stakeholder lainnya harus ditingkatkan. Dan keseluruhan ini katanya, harus didukung dengan kerjasama, kesungguhan dan keuletan seluruh pengurus TP PKK.

PKKKetua TP PKK Kabupaten Tobasa, Ny. Netty Pandapotan br Pardosi mengatakan, pelatihan TPK3PKK ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman anggota dan pengurus tentang 10 Program Pokok PKK, khususnya bagi desa yang diprogramkan mengikuti perlombaan dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK. Disamping itu, katanya, kegiatan tersebut sekaligus supervisi terhadap 2 (dua) desa binaan, yakni desa Pelaksana Tertib Administrasi PKK,  Pencegahan KDRT dan UP2K, dan desa pelaksanan Tertib Administrasi PKK, hatinya PKK dan pemanfaatan Toga.

Ny Netty Pandapotan br Pardosi juga memotivasi jajarannya para pengurus TP PKK, akan tantangan dan rintangan yang dihadapai pada setiap pelaksanaan pembinaan desa binaan, khususnya dalam mengatasi berkurangnya minat dan partisipasi masyarakat. Menyadari hal ini, dia memberikan apresiasi atas kerja keras seluruh pengurus dan anggota TP PKK, yang secara maksimal memberhasilkan program ini sehingga benar-benar bermanfaat bagi masyarakat. “Marilah bekerjasama membenahi dan membangun desa kita masing-masing”, ajaknya.

Secara khusus, kepada para isteri camat selaku Ketua TP PKK kecamatan, untuk terus meningkatkan dan melanjutkan pembinaan desa-desa, serta diingatkan akan tanggung jawab untuk mendukung program kerja camat di wilayahnya, khususnya dalam membangun sumber daya manusia terutama kaum ibu di desa-desa.

IMG_1555Hingga berita ini diturunkan, pelatihan TPK3PKK untuk pengurus TP PKK kabupaten/ kecamatan dan desa ini masih berlangsung dengan materi pelatihan pada penekanan pemahaman anggotanya pada pemanfaatan lahan pekarangan, program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat sejahtera, dan usaha peningkatan pendapatan keluarga. Para peserta pelatihan yang terdiri dari pengurus TP PKK kecamatan dan desa ini, juga dibekali dengan materi upaya pencegahan KDRT.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s