1500 PESERTA JALAN SANTAI SOSIALISASIKAN PEMILU 2014

BUPATI TOBASA AJAK WARGA GUNAKAN HAK PILIH PADA PEMILU 2014

IMG_1625Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak, mengajak warga Tobasa untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 9 April 2014 mendatang. Pada pesta demokrasi yang akan memilih wakil rakyat di DPR RI, DRPD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD tersebut, warga yang sudah tercantum pada DPT, dihimbau agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan memberikan hak suaranya, sehingga pemilihan umum dapat berlangsung dengan sukses dengan tingkat pemilih yang baik.

Himbauan ini disampaikannya, sebelum melepas sekitar 1500 orang, peserta gerak jalan santai beregu yang diselenggarakan KPU Tobasa sebagai upaya untuk mensosialisasikan penyelenggaraan Pemilu 2014 mendatang bagi warga Tobasa, yang digelar di Komplek Tugu DI Panjaitan, Minggu (09/03) di Balige. Para peserta gerak jalan santai tersebut, juga diharapkannya menjadi corong sosialisasi bagi masyarakat Tobasa, sehingga penyelenggaraan Pemilu lebih tersosialisasi.

Gerak Jalan KPUSeruan senada juga disampaikan Ketua KPU Tobasa, Rinto P Hutapea. Dikatakan, pihaknya mengajak seluruh pihak, baik penyelenggara dan peserta Pemilu untuk melaksanakan secara jujur dan adil. Melalui gerak jalan santai ini, Rinto berharap, antusiasme masyarakat Tobasa akan meningkat dalam memberikan hak suaranya dalam menentukan wakil rakyat di legislatif.

Diharapkannya lagi, Pemilu mendatang akan menjadi pesta demokrasi yang hidup, yang berarti pesta demokrasi yang menjadikan masyarakat sebagai subjek bukan lagi objek Pemilu. Jadi  bukan lagi sebatas pesta yang seremonial semata.

Karena itu, dikatakan, untuk Pemilu 2014 mendatang, pihaknya menargetkan akan menjadi pemilu yang berintegritas dengan target partisipasi pemilih sebesar 80 %. “Kami yakin, momentum ini akan menjadikan masyarakat Tobasa menjadi semakin dewasa dalam berpolitik”, ujarnya.

Gerak jalan santai yang menempuh jarak sekitar 3,5 km ini, diikuti sebanyak 35 regu yang terdiri dari perwakilan beberapa partai politik, para pelajar dan mahasiswa, dan perwakilan dari beberapa satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemkab Tobasa.

Setelah melalui hasil penjurian oleh dewan juri yang diantaranya meliputi kriteria dispilin, keseragaman, baris berbaris dan yel-yel, siswa/I SMK N 2 Balige berhasil memenangkan lomba gerak jalan santai ini. Di posisi kedua dan ketiga berturut-turut diduduki regu gerak jalan santai dari SMA N 1 Balige dan Polres Tobasa.

IMG_1677Para pemenang berhak atas trophy, dana pembinaan dan sertifikat yang masing masing diserahkan Kapolres Tobasa AKBP Edy Faryadi, Kajari Balige Harly Siregar dan Ketua KPU Tobasa Rinto P. Hutapea. Sebelumnya, kegiatan ini diawali dengan pelaksanaan ibadah singkat yang dipimpin Pdt Herry Simanungkalit, STh, dengan khotbah yang dikutip dari Nats Alkitab Efesus 4 :3-4.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s