Berita Terbaru

KADES SIANTAR UTARA KECAMATAN PARMAKSIAN DILANTIK

BUPATI TOBASA INGATKAN KADES UNTUK MENEGAKKAN KEHIDUPAN BERDEMOKRASI

Kades 04Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak meminta kepala desa untuk dapat membina dan menegakkan kehidupan berdemokrasi di tengah-tengah masyarakatnya. Secara khusus diingatkannya, agar para kepala desa tidak terlibat politik praktis dan menjadi pengurus partai politik.

“Terkait dengan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden, Kepala Desa harus bersikap netral dan dilarang terlibat dalam salah satu partai politik”, ujarnya dalam amanatnya saat melantik dan mengambil sumpah Rumondang Sitorus sebagai Kepala Desa Siantar Utara Kecamatan Parmaksian, Senin (10/03) di Kantor Kecamatan Parmaksian, Tobasa.

Dikatakan, pelantikan dan pengambilan sumpah kades tersebut sebagai hasil pilihan rakyat merupakan salah satu perwujudan proses demokrasi di tengah-tengah masyarakatnya. Untuk itu, diharapkannya, proses ini dapat terjaga dan berkembang dalam mengembangkan kedewasaan warga dalam hak politiknya.

Kades 03Disisi lain, sebagai kepala desa terpilih, Bupati Kasmin Simanjuntak mengingatkan, kades agar memiliki pemahaman bahwa konsep penyelenggaraan pemerintahan telah mengalami perubahan, dimana pemerintah harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. “Seorang kepala desa, bukan lagi untuk dilayani melainkan untuk melayani lapisan masyarakatnya”, ujarnya.

Kasmin juga mengingatkan, bahwa sumpah dan janji jabatan kepala desa tersebut, mengandung makna dan tanggung jawab untuk mengayomi dan mensejahterakan masyarakat. Karena itu, katanya, sumpah dan janji tersebut harus dapat dipertanggungjawabkan dengan melaksanakan tugas dan fungsinya dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya.

Sebagai ujung tombak penyelenggara pemerintah, mengingat pemerintahan desa merupakan pemerintahan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, Kasmin menginstruksikan kepala desa untuk memberdayakan warganya agar berperan aktif dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Disamping itu, katanya, kades juga harus memberikan perhatian yang sungguh-sungguh terhadap setiap permasalahan yang muncul di tengah-tengah warganya dan sedini mungkin mengatasinya.

Kades 01Pelantikan dan pengambilan sumpah Rumondang Sitorus sebagai Kepala Desa Siantar Utara untuk masa jabatan 2014-2020, merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Bupati Tobasa Nomor 37 Tahun 2014. Pelantikan ini juga disaksikan Kepala Badan Pemmas dan Pemdes Wasir Simanjuntak, Inspektur Kabupaten Augus Simanjuntak, Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan Parlindungan, Camat Parmaksian Eduard Sitorus, dan Plt Kabag Humas dan Protokol Robintang FP Sitepu.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s