HUT KE-15 KABUPATEN TOBASA DIPERINGATI BERSAMA SELURUH ELEMEN MASYARAKAT

BUPATI TOBASA : 15 TAHUN TOBASA MOMENTUM MENJADIKAN TOBASA LEBIH MAJU DARI DAERAH LAIN

HUT15cPerayaan Hari Jadi Ke-15 Kabupaten Tobasa diharapkan menjadi momentum mengantarkan daerah tersebut menjadi daerah otonom yang mampu berdiri sejajar, atau bahkan lebih maju dari daerah-daerah lain. Untuk kesinambungan pencapaian ini, Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengajak seluruh elemen masyarakat untuk semakin memantapkan tekad dan semangat juang untuk terus membangun Toba Samosir.

Dikatakan, disamping sebagai ucapan syukur atas perjalanan kabupaten yang diresemikan 9 Maret 1999 lalu,  peringatan tersebut juga untuk mengingatkan lembaran sejarah untuk  menghayati kembali sejarah dan latar belakang terbentuknya kabupaten yang diresmikan pada 15 tahun yang lalu.

“Saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada para tokoh yang memperjuangkan berdirinya Kabupaten Toba Samosir”, kata Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya pada Perayaan Puncak Hari Jadi Kabupaten Toba Samosir, Selasa (11/03) di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige.

Diakuinya, atas hasil perjuangan dan kontribusi para tokoh tersebut, akhirnya saat ini seluruh elemen masyarakat dapat menikmati kondisi kemajuan dan pembangunan di Tobasa yang tergolong pesat. Guna melanjutkan perkembangan dan pembangunan di daerah tersebut, dan sejalan dengan era transparansi saat ini, Kasmin menyebutkan, pihaknya juga mengharapkan adanya dukungan berupa saran dan pendapat yang konstruktif.  Hal ini diharapkannya akan diperoleh dari seluruh elemen masyarakat, termasuk putera/puteri Tobasa yang berada di perantuan.

Dalam waktu dekat, Toba Samosir akan melaksanakan beberapa agenda besar, Bupati juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan tersebut. Disamping pelaksanaan Pemilu sebagai agenda nasional, disebutkan, Tobasa telah dihunjuk pemerntah pusat sebagai tuan rumah pelaksanaan Festival Danau Toba tahun 2014. Sebagaimana thema perayaan HUT tersebut “Santun Berpendapat, Bijak dalam Bertindak”, untuk mensukseskan agenda besar tersebut, diharapkannya, dapat dilakukan dengan bersikap santun, dan bijak dalam mengambil tindakan serta memegang teguh adat istiadat dan budaya setempat.

Sementara, Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan menyebutkan,setelah 15 tahun dimekarkan, masyarakat Tobasa sedikit banyak telah menikmati hakekat pemekaran, yakni mendekatkan pelayanan di tengah-tengah masyarakat. Karena itu, Sahat mengajak seluruh stakeholder, untuk terus menggali potensi yang ada dalam melaksanakan pembangunan dengan baik dan benar, dengan lebih bijak dalam bertindak dan berperilaku.

HUT15bMewakili Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Kapolres Tobasa, AKBP Edy Faryadi menyatakan rasa bangganya ikut berkontribusi untuk pembangunan Tobasa dalam kapasitasnya sebagai petugas kepolisian. Dengan dukungan semua warga dan pemerintah daerah, dia yakin Tobasa akan lebih baik kedepan. Seraya mengajak seluruh elemen masyarakat Tobasa mampu menjadi Tobasa menjadi kabupaten yang lebih beradat, dia menyebutkan, bahwa dalam pelaksanaan tugas-tugas kepolisian di daerah tersebut, pihaknya lebih menekankan pada penerapan adat dalam penegakan hukum.

Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Staf Ahli Gubernur, Robertson Simatupang mengatakan, perayaan HUT tersebut dapat membawa seluruh masyarakat Tobasa untuk lebih mensyukuri keberhasilan yang telah dicapai, sekaligus sebagai motivasi untuk melaksanakan pembangunan yang lebih baik.

Disebutkan, di usia yang ke-15, Tobasa telah mengalami banyak kemajuan dan dapat membuktikan tujuan dari dimekarkannya wilayah tersebut. Kedepan, mengingat keterbatasan pemerintah, untuk sepenuhnya dapat memenuhi harapan tersebut, diharapkannya, seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah dapat bergandengan tangan mewujudkan kesejahteraan masyarakat, sehingga cita-cita mulia pemekaran dapat tercapai.

Senada, terkait dengan penyelenggaraan pesta demokrasi 9 April 2014, Gubernur Sumut berpesan, agar masyarakat dapat memberikan hak pilihnya secara cerdas, dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab dengan menggunakan hak pilihnya, karena pilihan tersebut akan menentukan arah kebijakan pembangunan kedepan.

HUT15aPerayaan Hari Jadi ke 15 Kabupaten Tobasa ini, dimeriahkan dengan pertunjukan seni bela diri tradsional Batak “Mossak” dan pertunjukan tortor Batak oleh Sanggar Lusido. Kemeriahan perayaan ini juga diisi dengan atraksi polisi cilik binaan Polres Tobasa dan fashion show anak-anak TK Mutiara yang memukau hadirin yang hadir. Tidak ketinggalan Satuan Dalmas Polres Tobasa dan Karateka KKI binaan Kajari mempertunjukkan kebolehannya. Di tribun kehormatan, Bupati/Wakil Bupati dan FKPD juga menerima devile kontingen dari 16 kecamatan yang membawa serta hasil bumi unggulan di daerah masing-masing.

Rangkaian kegiatan juga diisi dengan penyerahan cenderamata kepada Bupati pertama dan kedua Tobasa. Panitia juga memberikan bantuan bagi korban kebakaran dan santunan tali asih kepada masyarakat yang kurang mampu. Secara simbolik, juga dilakukan penyerahan kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kepada masyarakat Tobasa. Perayaan ini juga dihibur artis Batak asal ibukota, Andolin Sibuea Group, serta penarikan undian lucky draw bagi masyarakat yang hadir, dengan hadiah disponsori PT Bank Sumut Cabang Balige.

Di awal rangkaian kegiatan, mengawali perayaan ini, dilakukan Rapat Paripurna Istimewa DPRD Tobasa yang diisi dengan pembacaan Sejarah Kabupaten Tobasa di Gedung DPRD Tobasa. Selepas rapat ini, acara dilanjutkan dengan kebaktian bersama seluruh elemen masyarakat yang diperkirakan berjumlah lima ribuan di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s