Berita Terbaru

TAHUN 2015, TOBASA SIAPKAN TEROBOSAN DALAM PENCAPAIAN KEMANDIRIAN

Musrenbang 01Sebagai rangkaian dari pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan/ Musrenbang  tingkat desa/ kelurahan dan kecamatan yang sudah digelar beberapa waktu yang lalu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) melanjutkan dengan melaksanakan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah Tahun 2015 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, bertempat di Tio Convention, Hotel Sere Nauli, Laguboti, Rabu (12/03)

Kegiatan yang diikuti berbagai elemen masyarakat dari berbagai lintas profesi, BUMN/BUMD dan satuan kerja perangkat daerah ini, diharapkan Bupati, akan mampu merumuskan program pembangunan di Kabupaten Tobasa tahun 2015 mendatang, dengan masukan-masukan dari seluruh pihak terkait. “Semoga perencanaan pembangunan yang dihasilkan bersifat komprehensif, baik dari sisi kepentingan nasional maupun daerah dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kabupaten Tobasa”, katanya.

Dikatakan, perencanaan pembangunan Pemkab Tobasa untuk tahun 2015, mengusung thema peningkatan keberdayaan perekonomian daerah dan pemeliharaan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur daerah. Dengan optimis, dia berkeyakinan, terobosan ini akan membawa Tobasa mencapai kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Untuk itu, dalam penyusunan perencanaan pembangunan, Bupati menginstruksikan agar rencana pembangunan daerah yang disusun dapat diselaraskan dengan prioritas dan sasaran pembangunan daerah provinsi. Ditekankannya lagi, agar usulan program pembangunan yang telah disampaikan masyarakat melalui musrenbang desa/ kelurahan dan kecamatan dapat diklarifikasi kembali. Dalam rencana yang akan disusun, Bupati mengingatkan, agar indikator kinerja dan kegiatan prioritas dapat lebih dipertajam lagi untuk selanjutnya disepakati.

Musrenbang 06Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan secara khusus meminta, agar dalam rencana pembangunan yang disusun dapat disesuaikan dengan kondisi perubahan iklim yang terjadi di wilayah tersebut. Menurutnya, program yang disusun perlu dititikberatkan pada penanggulangan bencana alam dan masalah di sektor pertanian harus benar-benar diperhatikan.  Rencana yang disusun juga diharapkan akan dapat memaksimalkan potensi daerah, seperti potensi Danau Toba sebagai sumber daya yang mampu meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan industri pariwisata.

Pada kesempatan tersebut, Sahat juga meminta, agar pihak pemerintah atasan, yakni kementerian dan pemerintah provinsi, memberikan perhatian menyeluruh pada pembenahan infrastruktur jalan di wilayah Tobasa. Terkait dengan penyelenggaraan Festival Danau Toba yang akan dilaksanakan dalam waktu, melalui forum Musrenbang RKPD ini, diharapakannya, agar dapat disusun suatu program yang memberikan dampak positif yang berkesinambungan bagi masyarakat di masa mendatang.

Musrenbang 05Terkait penyelenggaraan Musrenbang RKPD ini, Kepala Bappeda James Silaban menyebutkan, dengan penajaman dan penyelarasan rencana pembangunan yang disusun, musrenbang ini akan menghasilkan bahan penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Tobasa Tahun 2015, sekaligus sebagai bahan masukan dalam membahas rancangan akhir RKPD provinsi. Ditambahkannya, pelaksanaan Musrenbang RKPD ini merupakan bagian dari keseluruhan rangkaian Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s