BUPATI TOBASA AJAK INSAN PERS BERSAMA-SAMA MEMBANGUN TOBASA

IMG_2437Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak menginstruksikan jajarannya untuk melayani permintaan informasi publik dengan optimal, cepat, tepat dan akurat. Sebagai badan publik, katanya, Pemkab Tobasa mempunyai kewajiban menjamin hak publik akan informasi. Untuk menyikapi hal ini, Bupati Kasmin mengatakan, pihaknya telah menghunjuk dan mengangkat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi hingga tingkat Satuan Kerja Perangkat Daerah.

Lebih lanjut diakuinya, peran insan pers sangat strategis mendukung peran penyelenggara pemerintahan, khususnya guna mendukung keberhasilan pembangunan melalui informasi yang disajikan. “Opini dan sikap masyarakat  terhadap gerakan pembangunan, sangat dipengaruhi kualitas informasi atau berita yang diperoleh”, ujarnya pada pembukaan Konfercab III Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumut Perwakilan Bona Pasogit, di Aula HKBP Balige, Kamis (13/03).

Karena itu, katanya, dalam sajian informasi yang dipublikasikan, hendaknya berimbang dan berkualitas sehingga dapat mencerdaskan masyarakat. Dalam penyajian karya jurnalistik, menurutnya, insan pers harus dapat memenuhi tanggung jawab profesi dengan menjunjung tinggi etika dan tunduk kepada peraturan yang berlaku tanpa meninggalkan semangat dan sikap kritis yang membangun.

Ditambahkan, untuk menjamin ketersediaan informasi publik seputar pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, pihaknya telah menghunjuk dan mengangkat Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi hingga ke satuan kerja perangkat daerah, dengan tujuan, agar informasi atau berita yang benar dan berkualitas tersedia untuk konsumsi publik.

IMG_2440“Pemerintah Kabupaten Tobasa sebagai badan publik, senantiasa berupaya menjamin hak publik akan informasi”, ujar Bupati yang telah mendapat Penghargaan Sahabat Pers 2013 dari Serikat Perusahaan Pers Sumut. Tidak lupa, Bupati juga mengajak seluruh insan pers untuk bergandengan tangan mengisi pembangunan, khususnya dalam mencapai visi dan misi Kabupaten Tobasa.

Sebelumnya, Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan menyebutkan, peran pers sebagai pilar keempat demokrasi, merupakan senjata yang ampuh di saat eksekutif, legislatif dan judikatif  tidak berjalan sebagaimana mestinya. Karena itu, diharapkan pers  sebagai insan yang intelek akan menghasilkan produk jurnalistik yang intelek pula. “Sebagai penyaji dan corong informasi, kemitraan dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah kiranya dapat lebih dipupuk”, imbuhnya.

Sementara, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Cabang Sumatera Utara, M. Syahrir menyebutkan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, profesi wartawan terbuka bagi semua kalangan. Namun, mengingat perkembangannya saat ini, diperlukan suatu ketentuan yang jelas, agar profesi tersebut tidak disalahgunakan dan tidak tercemar oleh oknum-oknum yang mengaku ngaku sebagai wartawan.

IMG_2448“Profesi wartawan tidak menjadikan seorang wartawan itu menjadi polisi, jaksa maupun hakim, tetapi profesi ini merupakan suatu pengabdian”, tambahnya, seraya mengajak insan pers yang tergabung dalam PWI untuk memahami dan mematuhi undang-undang pers dan kode etik jurnalistik.

Di sela-sela berlangsungnya konfercab ini, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjutak dan Ketua DPRD Sahat Panjaitan, juga didaulat untuk menerima pin kehormatan dari PWI Cabang Sumatera Utara. Konfercab ini sendiri diikuti wartawan-wartawati anggota PWI Perwakilan Bona Pasogit yang tersebar di Kabupaten Tobasa, Samosir, Taput dan Humbang Hasundutan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s