JELANG PEMILU 9 APRIL 2014, MASA KAMPANYE RAPAT UMUM RESMI DIMULAI

11 PARPOL PESERTA PEMILU 2014 DI TOBASA DEKLARASIKAN PEMILU DAMAI

IMG_2750Menandai dimulainya secara resmi masa kampanye rapat umum Pemilu 2014, 11 (sebelas) partai politik (parpol) peserta Pemilu 2014 di Toba Samosir (Tobasa) menggelar kirab/ karnaval yang dimulai dari Lapangan Sisingamangaraja XII Balige dengan rute jalan provinsi dari Balige hingga Ajibata, Sabtu (15/03). Ketua KPU Tobasa, Rinto P Hutapea menyebutkan, melalui pelaksanaan kirab ini, akan dapat menunjukkan kepada masyarkat, bahwa selama masa kampanye Pemilu Legislatif akan dilaksanakan secara damai, simpatik dan senantiasa menjungjung kebersamaan sebagai komitmen semua parpol.

Selama masa kampanye rapat umum yang akan digelar selama 21 hari kedepan tersebut, dikatakan Rinto, para peserta pemilu dapat berinteraksi secara maksimal dengan masyarakat pemilih untuk menyampaikan program-programnya secara terbuka. Disamping itu, katanya, ini juga sebagai sarana sosialisasi untuk memastikan kepada masyarakat, bahwa perhelatan Pemilu Legislatif akan dilaksanakan pada 9 April 2014 mendatang.

“Kampanye Pemilu adalah kegiatan peserta pemilu untuk meyakinkan para pemilih dengan menawarkan visi, misi dan program melalui pemilu”, ujarnya, dan berharap kampanye dilakukan secara simpatik, mendidik dan memberikan harapan yang baik bagi masyarakat. Selama hiruk pikuk kampanye ini berlangsung, diharapkannya juga agar tidak sampai mengganggu aktifitas masyarakat.

Para parpol peserta pemilu juga dihimbau untuk tidak melakukan politik uang dalam upayanya memenangkan pemilu. Menurutnya, politik uang merupakan penyakit yangharus diberantas. “Kalau dulu ada jargon, ambil uangnya jangan pilih calonnya, sekarang harus berani tolak uangnya, dan jangan pilih calonnya”, katanya.

Sebelum kirab dilangsungkan, dipimpin komisioner KPU Batara Tambunan, seluruh parpol juga mendeklarasikan Pemilu Damai disaksikan KPU, Panwaslu dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Tobasa. Dalam pernyataannya, seluruh parpol sepakat untuk patuh dan taat kepada seluruh ketentuan peraturan, dan menjungjung tinggi sportifitas, etika dan akan berkompetisi secara sehat dan jujur. Seluruh parpol juga menyatakan akan mengutamakan persatuan dan kesatuan dan menjaga suasana kondusif di Tobasa. Kemudian, masing-masing ketua parpol menandatangani kesepakatan pemilu damai yang juga memuat pernyataan siap kalah dan siap menang tersebut.

Kapolres Tobasa, M Edy Faryadi mewakili Unsur Pimpinan Daerah menyambut baik kesiapan seluruh parpol yang sudah melaksanakan ketentuan KPU. Selama masa tahapan Pemilu ini, diharapkannya agar seluruh penyelenggara dan peserta pemilu di Tobasa dapat bersama-sama menutupi terjadinya hal-hal yang tidak baik, dengan saling melindungi dan membantu. Selama masa kampanye rapat umum, dia juga menghimbau agar pengguna kendaraan dapat berkendara dengan tertib dan tidak ugal-ugalan.

Peserta kirab 11 parpol peserta Pemilu 2014 di Tobasa ini kemudian dilepas Bupati Tobasa yang diwakili Asisten Pemerintahan Audi Murphy Sitorus, Ketua DPRD Sahat Panjaitan, Kapolres Tobasa AKBP M Edy Faryadi, dan pejabat yang mewakili Kajari dan Dandim 0210/TU. Selama kirab, petugas dari KPU, Panwaslu dan personil Polres Tobasa turut mengawasi dan mengawal pelaksanaanya hingga usai.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s