PASCA DINYATAKATAN LULUS SELEKSI, AKAN DIVERIFIKASI SEBELUM PENETAPAN NIP

298 TENAGA HONORER K-2 PEMKAB TOBASA  AKAN DIVERIFIKASI KEBENARAN DOKUMENNYA

IMG_2917Menindaklanjuti hasil pengumuman kelulusan Tenaga Honorer Kategori II (K-2) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), maka sebelum ke tahapan penetapan memperoleh Nomor Induk Pegawai (NIP), 298 orang tenaga honorer K-2 yang sebelumnya dinyatakan lulus ujian akademis akan melalui tahapan verifikasi ulang kebenaran dokumen.

“Verifikasi kebenaran dokumen tersebut, dilakukan pimpinan SKPD masing-masing dan Inspektorat Kabupaten”, ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Tobasa, Budiyanto Tambunan di hadapan 298 orang tenaga honorer K-2 yang dinyatakan lulus seleksi pada sosialisasi mekanisme pelaksanaan verifikasi di Aula SMKN 1 Laguboti, Senin (24/03). Turut hadir para pimpinan SKPD, kepala sekolah dan instansi terkait lainnya.

Dijelaskannya lagi, selama pelaksanaan verifikasi, pihaknya telah menyiapkan formulir verifikasi yang selanjutnya akan diserahkan kepada masing-masing SKPD yang memiliki tenaga honorer K-2.  Formulir tersebut, katanya lagi, akan dibuat sebanyak 4 (empat) rangkap, masing-masing untuk SKPD terkait, Inspektorat, BKD dan tenaga honorer bersangkutan.

IMG_2928Karena itu, kata Budiyanto, untuk mendukung pelaksanaan verifikasi kebenaran dokumen dimaksud, pihaknya meminta para tenaga honorer tersebut, agar melengkapi surat pernyataan dari masing-masing pimpinan unit kerjanya, dan disahkan pejabat struktural eselon II. Surat pernyataan tersebut, katanya, berupa pernyataan yang menyebutkan sejak diangkat sebagai tenaga honorer sampai saat ini, tenaga honorer tersebut secara terus menerus telah melaksanakan tugas secara nyata dan sah. Kemudian, lanjutnya, juga dinyatakan bahwa tenaga honorer tersebut selama bertugas, juga memiliki disiplin dan dedikasi yang baik serta integritas yang tinggi.

Sebagaimana dijelaskan, penyampaian Formulir Verifikasi Data Tenaga Honorer Kategori II secara tertulis dan kolektif akan dilakukan pimpinan SKPD masing-masing dilengkapi dengan dokumen pendukung kepada Inspektorat Kabupaten Toba Samosir dengan tembusan kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Toba Samosir. Kemudian, akan dilakukan pemeriksaan/ verifikasi kebenaran dokumen oleh Inspektorat Kabupaten Toba Samosir,  dan hasil verifikasi akan tertuang pada persetujuan atas dokumen dan data Tenaga Honorer Kategori II pada Formulir Verifikasi Data.

Selanjutnya, Inspektorat Kabupaten Toba Samosir akan menyampaikan hasil Formulir Verifikasi Data dimaksud secara tertulis kepada masing-masing SKPD dan tembusan kepada Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Toba Samosir. Para tenaga honorer yang dinyatakan lolos verifikasi tersebut, katanya, yang akan mengikuti tahapan pengusulan memperoleh NIP.

IMG_2919Disebutkan, pelaksanaan verifikasi ini menjadi sangat penting, karena apabila tenaga honorer terkait tidak dapat memenuhi persayaratan kebenaran dokumen tersebut, maka tenaga honorer tersebut tidak dapat diangkat dan dibatalkan menjadi Calon Pengawai Negeri Sipil. Budiyanto juga mengingatkan, agar selama proses ini dilakukan, para tenaga honorer dapat memberikan dokumen tersebut dengan sebenar-benarnya, karena manipulasi yang dilakukan dapat dituntut dengan pidana.

“Saya ingatkan, apabila memang kebenaran data yang dibutuhkan tidak dapat dipenuhi, sebaiknya mundur saja, karena manipulasi yang dilakukan dapat berakibat tindakan hukum”, kata Budiyanto mengingatkan.

Sebagaimana informasi sebelumnya, setelah melalui seleksi pada 3 Nopember 2013 lalu, dari 570 tenaga honorer K-2 yang mengikuti seleksi, sebanyak 298 orang telah dinyatakan lulus sebagaimana tertuang dalam Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : B/789/M.PAN/2/2014 tanggal 9 Februari 2014 tentang Pengumuman Kelulusan Peserta Seleksi CPNS Tahun 2013 dari Tenaga Honorer Kategori II. Maka sebelum memperoleh penetapan NIP, ke 298 orang para tenaga honorer yang lulus, akan melalui tahapan verifikasi kebenaran dokumen.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s