TANGGAP PENANGANAN GANGGUAN KEAMANAN, PEMKAB TOBASA BENTUK TIM TERPADU

IMG_2946Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) telah membentuk Tim Terpadu Penanganan Gangguan Keamanan, serta menyusun rencana aksi Tim tersebut, yang melibatkan instansi vertikal dan SKPD terkait di Lingkungan Pemkab Tobasa.  Tim ini diharapkan akan mampu menjamin terciptanya kondisi sosial, hukum dan keamanan yang kondusif untuk mendukung pelaksanaan pembangunan.

“Berdasarkan Inpres No 2 Tahun 2013, dan Keputusan Menkopolhukam Nomor 12 Tahun 2013, Pembentukan Tim Terpadu Penanganan Gangguan Keamanan perlu ditindaklanjuti oleh pemerintah kabupaten/ kota”,  ujar Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, saat membuka secara resmi Rapat Koordinasi Tim Terpadu Penanganan Gangguan Keamanan di Kabupaten Tobasa, yang dilangsungkan di Balai Data Kantor Bupati Tobasa, Selasa (25/04).

Lebih lanjut, katanya, keberadaan Tim ini akan menciptakan keterpaduan antar instansi pusat dan daerah dalam penanganan berbagai macam ancaman dan gangguan keamanan di wilayahnya. Dengan bersinergi, melalui Tim ini, akan mampu dilakukan optimalisasi serta efektifitas penangangan gangguan keamanan dalam negeri, sesuai tugas, fungsi dan kewenangannya.

IMG_2942Secara khusus dalam mendukung pelaksanaan Pesta Demokrasi 2014, Bupati Kasmin Simanjuntak berharap, Tim ini akan mengambil peranan yang strategis, sehingga pelaksanaan Pesta Demokrasi tersebut dapat berlangsung dengan tertib, aman dan lancar. “Perwujudan kondisi keamanan dan ketertiban yang baik, akan berdampak pada terciptanya kondisi sosial yang kondusif dan terkendali “, ujarnya selaku Ketua Tim.

Rakor ini dilanjutkan dengan paparan Kaban Kesbangpollinmas Edward R Tampubolon tentang implementasi Instruksi Presiden yang mengamanatkan pembentukan Tim ini, sehingga seluruh elemen yang terlibat dalam Tim dimaksud dapat lebih memahami tujuan dan sasaran yang hendak dicapai.

Selanjutnya, paparan rencana aksi terpadu penanganan gangguan keamanan juga disampaikan Polres Tobasa dan paparan Penanggulangan Bencana Alam oleh Kodim 0210/TU. Menjelang pelaksanaan Pemilihan Legislatif di Kabupaten Toba Samosir, Ketua KPU Tobasa Rinto P. Hutapea memanfaatkan kesempatan tersebut, gunamemaparkan kesiapan pihaknya, serta dengan harapan Tim ini akan mampu berkontribusi mensukseskan penyelenggaraan Pesta Demokrasi tersebut.

Tim Terpadu yang juga melibatkan para pejabat di jajaran Polres Tobasa dan Kodim 0210/TU serta para pejabat pada beberapa satuan kerja di lingkungan Pemkab Tobasa, juga melakukan diskusi seputar prioritas antisipasi dan penanganan gangguan keamanan di wilayah Tobasa.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s