Berita Terbaru

TOBASA BENTUK TIM FASILITASI PERKEMBANGAN POLITIK JELANG PEMILU 2014

BUPATI INSTRUKSIKAN CAMAT, KADES/ LURAH SOSIALISASIKAN PEMILU

Sosialisasi02Untuk menciptakan sinergi antar instansi terkait khususnya dalam fasilitasi penyelenggaraan Pemilihan Umum Legislatif di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), melalui Surat Keputusan Bupati Tobasa Nomor 63 Tahun 2014 telah membentuk Tim Fasilitasi Pelaksanaan Pemantauan, Pelaporan dan Evaluasi Perkembangan Politik di wilayah Kabupaten Tobasa.

Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyebutkan, sebagai tindak lanjut dari Permendagri Nomor 61 Tahun 2011, upaya pemerintah daerah untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu degan tertib, aman dan lancar serta dapat dilakukan secara terkoordinasi salah satunya dapat diakomodir Tim tersebut.

“Tim ini juga harus berperan dalam menginventarisir, mengantisipasi dan memberikan saran dalam penyelesaian permasalahan terkait Pemilu”, ujar Bupati Kasmin Simanjuntak, dalam arahannya pada Sosialisasi Pemilu yang dihadiri seluruh camat, kepala desa/ lurah se- Kabupaten Tobasa di Aula SMKN 1 Balige, Rabu (26/03). Untuk meningkatkan partipasi pemilih, secara khusus, Bupati menginstruksikan para camat, kades/ lurah, untuk mengajak seluruh masyarakat menggunakan hak pilihnya, serta melakukan sosialiasi tahapan pemilihan.

Sosialisasi01Lebih lanjut diharapkannya, Tim Fasilitasi juga harus dapat berperan melakukan sosialisasi dan memberikan informasi terkait keseluruhan tahapan penyelenggaraan Pemilu, sehingga para pemilih dapat lebih memahami mekanisme dan tata cara pencoblosan. Dukungan lainnya yang diharapkan dengan keberadaan Tim ini, yakni mampu memberikan advokasi penyelesaian sengketa ataupun pelanggaran dan permasalahan hukum selama Pemilu.

Terkait dengan sengketa Pemilu yang mungkin terjadi, Kajari Balige Harly Siregar mengatakan, KPU dan Panwaslu dapat menghunjuk jaksa sebagai pengacara negara untuk menangani gugatan perdata Pemilu. Sementara, Kapolres Tobasa AKBP Edy Faryadi menegaskan kesiapan jajarannya dalam pengamanan seluruh tahapan penyelenggaraan Pemilu dengan mempersiapkan 322 personil dan didukung 1 pleton pasukan TNI.

Menurutnya lagi, dinamika politik sangat berpengaruh pada setiap  tahapan  pemilu yang  berpotensi  menimbulkan  konflik yang selanjutnya berpengaruh pada stabilitas  kamtibmas. Karena itu, katanya, hal ini harus diantisipasi aparat kepolisian dengan dukungan stakeholders lainnya  termasuk  TNI  dalam PAM Pemilu 2014.

Senada juga disampaikan Dandim 0210/TU Letkol (inf) Viktor Tampubolon, dalam menghindari keseluruhan potensi konflik yang mungkin terjadi, dihimbaunya agar seluruh instansi terkait dapat melakukan deteksi dini, sehingga permasalahan tidak sampai membesar.

Dalam Sosialisasi ini, Ketua KPU Tobasa Rinto P Hutapea menyebutkan, KPU Tobasa telah membuat target diatas 75% warga yang telah masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) ikut serta dalam pelaksanaan pemilihan umum 9 April 2014 mendatang.

“Tingkat nasional sudah membuat target 75% maka KPU Tobasa harus diatas 75% dari DPT untuk ikut serta memberikan suaranya dalam pemilu 9 April 2014”, kata Ketua KPU Tobasa Rinto Hutapea,  menjawab pertanyaan wartawan pada konferensi pers usai sosialisasi yang juga dihadiri Ketua Panwaslu Tobasa, Guntur Hutajulu.

Sosialisasi03Masih menurut Rinto, strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kesuksesan pelaksanaan pemilu dengan melakukan penelitian kembali DPT, pada pleno pertama sebanyak 133 ribu pemilih dan akhirnya berkurang menjadi 127.920 pemilih. Sasaran pertamanya dengan menekan angka golput administrasi kata Hutapea, kemudian mendata para pemilih yang tidak bisa ikut pemilu di Kab.Tobasa , lalu disarankan mengambil formulir A5 yang digunakan untuk pindah memilih waktu pelaksanaan pemilu.

Langkah selanjutnya, KPU Tobasa telah membentuk relawan-relawan demokrasi yang bertugas memberikan penjelasan sistem, waktu dan manfaat pelaksanaan pemilu 9 April 2014 mendatang, secara langsung  kepada para warga. Disamping itu, juga dilakukan sosialisasi melalui gerak jalan pemilu dan mengumumkan pelaksanaan pemilu melalui tempat ibadah serta media radio lokal.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s