BUPATI TOBASA RESMIKAN KEGIATAN FISIK PNPM-MP DI SIANTAR NARUMONDA

WARGA SEBUT BUPATI SEBAGAI “BAPAK PNPM TOBASA” ATAS KEGIGIHANNYA

IMG_3869Di sela-sela aktifitasnya yang cukup padat, Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Ketua TP PKK Ny. Netty Pandapotan br Pardosi, berkesempatan mengunjungi salah satu desa yang dianggap cukup berhasil melaksanakan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat- Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) di Desa Siantar Dangsina, Kecamatan Siantar Narumonda, Tobasa, Sabtu (05/04).

Disambut hangat warga setempat, Bupati beserta rombongan yang terdiri dari para pejabat dan pimpinan SKPD bertatap muka langsung dengan warga. Kesempatan ini, dimanfaatkan warga untuk menyampaikan aspirasinya,  khususnya untuk menyampaikan usulan-usulan pembangunan sesuai skala prioritas kebutuhan warga.

IMG_3878Pada kesempatan ini, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, juga meresmikan kegiatan fisik PNPM-MP berupa pembangunan saluran irigasi di Desa Siantar Tonga-Tonga II, Desa Narumonda VII dan Desa Siantar Dangsina, Kecamatan Siantar Narumonda.  Untuk kelangsungan pelaksanaan PNPM-MP Tahun 2014, Bupati juga menyerahkan secara simbolis alokasi dana PNPM-MPd dan surat keputusan Unit Pengelola Kegiatan (UPK) dan bagi desa-desa yang didanai.

Tokoh masyarakat, TR Marpaung didampingi Kades Siantar Dangsina Manutur Marpaung mewakili warga setempat, merasa bangga dan berterima kasih atas kunjungan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak di desa mereka. “Suatu kebanggaan bagi kami, Bapak Bupati berkenan berkunjung ke pelosok desa kami dan bertatap muka dengan warga secara langsung”, ujar TR Marpaung yang diamini Kades.

IMG_3875Terkait pelaksanaan PNPM di daerahnya, TR Marpaung memberikan apresiasi atas kepedulian Bupati, sehingga program tersebut dapat berkesinambungan di Tobasa khususnya di Kecamatan Siantar Narumonda. Diungkapkannya, PNPM-MPd nyaris tidak akan dirasakan warga pada Tahun 2010 lalu, karena saat itu tidak tersedia dana pendamping. Namun, dengan dukungan dan campur tangan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang baru dilantik saat itu, PNPM-MP akhirnya dapat kembali bergulir untuk dilaksanakan.

Karena itu, menurutnya, atas kegigihan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang sangat gencar mendukung terlaksananya kembali PNPM-MP, layak disebut sebagai “Bapak PNPM Tobasa”.  Diakui, PNPM-MP merupakan program yang sangat menyentuh seluruh lapisan masyarakat. Program ini, katanya, telah memberikan kesempatan yang lebih luas untuk turut serta menyusun perencanaan pembangunan melalui penggalian gagasan hingga pada pelaksanaannya. Lebih lanjut disebutkan,

Kegiatan fisik yang dilakukan telah mampu menjawab kebutuhan warga akan infrastruktur yang menjadi prioritas. Ditambahkan, melalui Simpan Pinjam Perempuan (SPP) PNPM-MP, masyarakat setempat yang mayoritas petani, telah terbebas dari cengkraman tengkulak.

IMG_3889Sementara, Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, juga mengapresiasi antusiasme warga setempat yang dengan penuh kekeluargaan menyambut kehadirannya di desa mereka. Hal ini menurutnya, telah menjadi gambaran adanya sinergi antara pemerintah dan masyarakat untuk mencapai tujuan sesuai cita-cita pembangunan. Dikatakan, indikator keberhasilan pembangunan itu, salah satunya terlihat pada kesetaraan peran pemerintah, pengusaha dan masyarakat dalam setiap gerakan pembangunan.

Bupati juga menghimbau masyarakat Siantar Narumonda, untuk terlibat aktif dalam memajukan daerahnya, sehingga peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. “Manfaatkan dan pelihara hasil pembangunan, dan pemerintah daerah juga akan terus berupaya meningkatkan kualitas pembangunan di kabupaten yang kita cintai ini”, ujarnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s