KERJASAMA DIKNAS TOBASA DAN USAID-PRIORITAS SOSIALISASIKAN PPG

KADIS DIKNAS : PPG AKAN MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN

IMG_20140411_101407Orientasi Penataan dan Pemerataan Guru (PPG) atau tenaga pendidik secara keseluruhan lebih didasari pada kebutuhan belajar siswa. Kondisi saat ini, jumlah guru di Indonesia sudah terlalu banyak, akan tetapi penataannya tidak me rata, dan pada umumnya mutunya masih rendah. Hal ini dikatakan Prof. Efendy Napitupulu, Service Provider USAID Prioritas, Jumat (11/04) di Balige.

Karena itu, dikatakannya lagi, untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran dan efisiensi pemanfaatan sumber daya pendidikan, sudah saatnya penataan dan pemerataan guru dilakukan. Diyakini, hal ini akan mampu mengurangi kesenjangan mutu pendidikan.

Untuk pemerataan guru lewat mekanisme pemindahan guru sekolah lain, katanya, perlu diperhatikan beban jam mengajar minimum dan rasionalitas jarak, waktu tempuh, dan akses ke lokasi satuan pendidikan. Sedangkan, kriteria pemindahtugasan, lanjutnya, harus memperhatikan kelebihan guru dan kebutuhan satuan pendidikan lainnya, jam mengajar minimum dan sertifikasi, bah an domisili terdekat satuan pendidikan yang kekurangan guru.

Kadis Pendidikan Tobasa Lalo H Simanjuntak menyebutkan, pihaknya senantiasa berupaya dalam menjamin pelaksanaan PPG tersebut. Lanjutnya, apalagi dukungan dalam hal pemantauan, evaluasi dan kebijakan penataan serta pemerataan guru secara nasional telah disepakati dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 5 menteri, yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri PAN dan RB, Menteri Dalam Negeri, Menteri Keuangan dan Menteri Agama.

Karena itu, dalam mensukseskan pemerataan guru tersebut, diharapkannya, dukungan penuh dari seluruh stakeholder di Tobasa. Diakuinya, melalui PPG akan terbangun komitmen untuk memetakan analisis kebutuhan guru pada satuan pendidikan.

Secara khusus, Lalo mengapresiasi Program USAID Prioritas yang telah menjadikan Kabupaten Toba Samosir sebagai mitra khusus di bidang pendidikan. Mengingat pentingnya PPG dalam meningkatkan mutu pendidikan, pihaknya secara bertahap melakukan sosialisasi, analisis data, analisis kebijakan, konsultasi Publik serta implementasi kebijakan terkait penerapan PPG. “Langkah-langkah tersebut sangat penting dalam meningkatkan pemerataan mutu pendidikan”, pungkasnya.

(Relis  Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s