BUPATI TOBASA TINJAU PELAKSANAAN UN SMA/ SMK

KADIS DIKNAS : UN HARI PERTAMA DI TOBASA BERLANGSUNG TERTIB, AMAN DAN LANCAR

IMG_20140414_075759Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Kadis Pendidikan Lalo H Simanjuntak melakukan monitoring pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tingkat SMA/SMK/MA di beberapa sekolah di Kabupaten Toba Samosir, Senin (14/04). Pelaksanaan UN ini berlangsung secara serentak pada 33 satuan pendidikan SMA/ SMK di seluruh Tobasa. Beberapa lokasi ujian satuan pendidikan yang ditinjau, yakni SMKN 1, SMKN 2, SMAN 1, SMAN 2, dan SMK Yapim Tambunan di Kecamatan Balige. Kemudian dilanjutkan dengan monitoring di SMAN 1 Laguboti, SMAN 1 Lumban Julu dan SMAN 1 Siantar Narumonda.

Turut mendampingi dalam monitoring, Kapolres Tobasa, AKBP M. Edy Faryadi, pengurus Dewan Pendidikan Lambaik Manalu dan Abdi Saragih, Plt. Kabag Umum dan Perlengkapan Erwin Panggabean dan Plt Kabag Humas dan Protokol Robintang FP Sitepu.

Selama monitoring, di setiap lokasi ujian pada masing-masing sekolah tersebut, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, memeriksa kesiapan Panitia Pelaksana UN, termasuk kesiapan naskah ujian yang diterima. Tidak luput dari pantauan Bupati, jumlah peserta ujian dan pengawas ujian, serta kondisi lingkungan satuan pendidikan lokasi ujian. Bupati juga mempertanyakan, kendala dan hambatan yang mungkin terjadi dalam pelaksanaan UN tersebut.

IMG_20140414_075602Kadis Pendikan, Lalo H Simanjuntak kepada wartawan menyebutkan, monitoring ini dilakukan, untuk mengechek secara langsung kesiapan dan pelaksanaan UN di wilayah tersebut. Lalo juga mengatakan, untuk mendukung pelaksanaan UN kali ini, pihaknya telah menginstruksikan seluruh satuan pendidikan agar mempersiapkan secara terencana dan matang. “Fasilitas pendukung pelaksanaan UN, sebelumnya sudah kita instruksikan agar dipersiapkan dengan baik”, katanya.

Sementara, berdasarkan laporan yang dihimpun dari masing-masing satuan pendidikan, dan sesuai hasil monitoring, Lalo mengatakan, pelaksanaan UN hari pertama di Tobasa berlangsung tertib, aman dan lancar tanpa kendala yang berarti. UN ini sendiri katanya, akan berlangsung dari tanggal 14 s/d 16 April 2014, dan dimulai setiap pukul 07.30 Wib. Sedangkan mata pelajaran yang diujikan, untuk tingkat SMA meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, Geografi, Matematika, Kimia, Sosiologi, Bahasa Inggris, Fisika, dan Ekonomi. Sedangkan untuk tingkat SMK, lanjutnya, meliputi mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

Disamping itu, Lalo menambahkan, pihaknya juga telah menjadwalkan UN susulan SMA/SMK pada 21-24 April mendatang, namun hanya bagi peserta didik yang tidak dapat mengikuti UN sesuai jadwal yang telah ditetapkan karena hal tertentu seperti musibah lain dan sakit, serta dibuktikan dengan surat keterangan yang sah dari pihak berwenang.

IMG_20140414_112007Untuk mengawasi pelaksanaan UN, lebih lanjut disebutkan, Dinas Pendidikan telah menugaskan tenaga pengawas dengan sistem silang, artinya pengawas dari salah satu satuan pendidikan, melakukan pengawasan di satuan pendidikan lainnya, dan sebaliknya. Disamping itu, katanya, juga terdapat pengawas dari PTN/PTS di Sumatera Utara di setiap lokasi ujian, dan untuk pengamanan, lanjutnya, juga ditugaskan 1 (satu) orang petugas kepolisian. “Tim monitoring dari Dinas Pendidikan Provinsi, juga melakukan monitoring UN di Tobasa”, bebernya, dan menambahkan segala kendala yang mungkin terjadi selama UN, akan dijadikan sebagai bahan evaluasi kedepannya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s