TOBASA PERINGATI HARI OTONOMI DAERAH KE XVIII

Mendagri : OTDA berorientasi pada Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

OTDA 01
Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak bertindak selaku Pembina Upacara pada Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XVIII di Lingkungan Pemkab Tobasa, Jumat (25/04)

Pemerintahan Daerah menggunakan prinsip otonomi seluas-luasnya sesuai amanat UU 32 Tahun 2004. Artinya, daerah diberikan kewenangan mengurus dan mengatur semua urusan pemerintahan, membuat kebijakan untuk memberi pelayanan yang bertujuan pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini disampaikan Menteri Dalam Negeri dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Toba Samosir, Pandapotan Kasmin Simanjuntak pada Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XVIII di Lingkungan Pemkab Toba Samosir, Jumat (25/04), di Pelataran Kantor Bupati Toba Samosir di Balige.

Lebih lanjut diamanatkan, seiring prinsip dimaksud, maka penyelenggaraan otonomi daerah harus selalu memperhatikan kepentingan dan aspirasi yang tumbuh dalam masyarakat, serta mampu menjamin keserasian hubungan antar daerah. Maka, untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut, katanya, perlu dilakukan melalui tata kelola pemerintahan yang baik.

Kemudian, praktek pemerintahan yang baik, disebutkan Mendagri, mensyaratkan pengelolaan secara transparan dan akuntabel, dengan membuka ruang partisipasi masyarakat sebesar-besarnya, sehingga setiap keputusan yang diambil mempunyai tingkat kepemilikan publik yang tinggi.

Terkait komitmen dalam meningkatkan pelayanan publik, Mendagri mengamanatkan agar berorientasi pada pembentukan kapasitas masyarakat dalam meemberdayakan dirinya, dan sekaligus berpartisipasi aktif dalam mensukseskan program dan kegiatan pembangunan.

OTDA 03Dalam peringatan yang dihadiri seluruh pejabat dan staf di Lingkungan Pemkab Tobasa, dengan Asisten Pemerintahan Audi Murphy Sitorus sebagai pemimpin upacara, juga diingatkan, untuk efektifitas tata kelola pemerintahan daerah dalam pengelolaan keuangan daerah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel disertai dengan kemanfaatan yang nyata, perlu dilakukan sistem pengawasan yang berkualitas melalui penerapan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP).

Sementara, untuk mencapai tujuan otonmomi daerah, di Tobasa khususnya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan pihaknya akan terus berbenah menuju Tobasa yang lebih baik, terutama dalam meningkatkan pelayanan Publik dan kesejahteraan masyarakat.

OTDA 02Sementara, sebagaimana tema “Dengan Otonomi Daerah, Kita Sukseskan Pelaksanaan Pemilu Tahun 2014, Dalam Upaya Memperkuat Tata Kelola Pemerintahan Daerah”, diharapkan Mendagri akan menjadi refleksi dari eksistensi dan ekspektasi masyarakat kepada jajaran pemerintah daerah dalam memperkokoh tanggung jawabnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s