PEMKAB TOBASA HARAPKAN DUKUNGAN KAUM PEREMPUAN MENGISI PEMBANGUNAN

  • Miliki Dedikasi Tinggi, Kaum Perempuan Tobasa Diapresiasi

IMG_5449Dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), diperlukan dukungan dan partisipasi aktif seluruh lapisan masyarakat. Menurut Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak sebagaimana disampaikan Plt Kabag Humas dan Protokol, Robintang Sitepu, menyebutkan, peranan perempuan dalam pembangunan di Kabupaten Toba Samosir menempati posisi yang sangat strategis.

“Banyak program pembangunan membutuhkan partisipasi kaum perempuan”, ujar Robintang kepada para wartawan, Selasa (29/04) di ruang kerjanya, di Balige.

Lebih lanjut disampaikan, memperhatikan hal tersebut, pihak Pemkab Tobasa memberikan perhatian yang serius dan berusaha meningkatkan atau setidaknya mempertahankan partisipasi kaum perempuan dalam pelaksanaan pembangunan.

Untuk lebih mendorong partisipasi kaum perempuan tersebut, dikatakan, momentum peringatan Hari Kartini ke-135 tingkat Pemkab Tobasa, yang dirayakan beberapa waktu yang lalu, diharapkan akan menjadi tonggak penting kebangkitan kaum perempuan Tobasa khususnya, dalam mengambil peran membangun Tobasa.

IMG_5448Diterangkannya, pada kesempatan tersebut, pihaknya telah memberikan apresiasi bagi para kaum perempuan Tobasa yang dinilai memiliki dedikasi tinggi dalam mendukung pembangunan di Tobasa, khususnya dalam menyelaraskan peran dan kedudukan kaum perempuan sesuai semangat emansipasi. “Para kaum perempuan ini diharapkan akan menjadi inpirasi bagi kaumnya di Tobasa”, ujarnya.

Setelah melalui tahapan pengamatan, penelitian dan penilaian, disebutkan, kaum perempuan yang dianugerahi sebagai wanita berdedikasi tinggi menunjang pembangunan dalam berbagai bidang di Tobasa. Untuk bidang pendidikan terpilih Mangatur Marpaung, seorang guru PAUD/TK/RA di Kecamatan Balige, bidang kesehatan terpilih Erisa Marpaung seorang Kader Posyandu dari Kecamatan Lumban Julu, dan untuk bidang wirausaha terpilih Marsaulina Ro Risma Sihombing, seorang wirausaha wanita dari Kecamatan Laguboti.

IMG_5452Kemudian, untuk bidang pemerintahan, terpilih Resta Nainggolan seorang kepala desa di Desa Silamosik I, Kecamatan Porsea, kemudian di bidang Keluarga Sejahtera terpilih Mince Sitorus, seorang kader Bina Keluarga Remaja dari Kecamatan Parmaksian, dan Lince Siregar sebagai wanita berdedikasi tinggi di bidang agama yang merupakan seorang guru sekolah minggu HKBP Balige.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s