TIM MEL UJIAN NASIONAL SMP/MTs PEMKAB TOBASA LAKUKAN MONITORING

  • 3966 SISWA/I PADA 42 SMP/MTs NEGERI/SWASTA SE TOBASA IKUTI UN

_MG_5543Untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/MTs di lingkungan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Dinas Pendidikan Tobasa telah membentuk Tim Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan (MEL) yang bertugas memantau pelaksanaan UN tersebut.

“Tim ini akan melakukan pengechekan kesiapan, hingga memonitor pelaksaan UN di seluruh SMP/MTs di Tobasa”, ujar Kadis Pendidikan Tobasa melalui Sekretaris Dinas Pendidikan Rudi H Sitompul, Senin (5/8) kepada wartawan di Balige.

Terkait pelaksanaan UN tersebut, Rudi menyebutkan, sesuai jadwal yang ditetapkan secara nasional, UN tingkat SMP/MTs se-Tobasa akan berlangsung tanggal 5 s/d 8 Mei 2014, setiap pukul 07.30-09.30 wib, pada 42 unit SMP/MTs negeri dan swasta. “UN ini akan diikuti 3966 siswa/i”, bebernya.

Sedangkan, untuk mata pelajaran yang diujikan, disebutkan, selama 4 (empat) hari penyelengaraannya, berturut-turut akan mengujikan mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Untuk UN susulan, dikatakan, pihaknya juga telah mempersiapkannya, namun hanya bagi siswa/i didik yang tidak dapat mengikuti UN karena hal tertentu seperti sakit dan musibah lainnya. “UN susulan ini sendiri dijadwalkan pada tanggal 12, 13, 14 dan 16 Mei mendatang”, pungkasnya.

UN SMP04Terpisah, Manoras Taraja dan Robintang Sitepu, anggota Tim MEL lainnya yang melakukan monitoring di wilayah kecamatan Silaen dan Sigumpar menyebutkan, sepanjang amatan yang dilakukan di lapangan, seperti di SMPN 1 Sigumpar dan SMPN 1 Silaen, UN hari pertama tingkat SMP/MTs di wilayah kecamatan tersebut relatif berlangsung dengan baik, tertib dan kondusif.

Manoras Taraja yang juga Kabag Hukum Setdakab Tobasa menerangkan, sesuai data yang diperoleh selama monitoring dari Kasek SMP N 1 Silaen Koster Malau dan Kasek SMPN 1 Sigumpar Rikkar Simanjuntak, UN pada masing-masing sekolah tersebut diikuti sebanyak 126 siswa/i dengan 7 (tujuh) ruangan ujian.

UN SMP01“Setiap ruangan diawasi 2 (dua) orang pengawas ujian, dan pengawas tersebut didatangkan dari sekolah lain, sistem silang”, ujar Taraja. Sementara, Robintang Sitepu yang juga Plt Kabag Humas dan Protokol menambahkan, di setiap sekolah yang mereka monitor, juga diawasi petugas kepolisian. Sedangkan, untuk distribusi soal dan lembaran jawaban hingga ke peserta ujian juga tidak ditemukan kendala yang berarti.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s