FESTIVAL DANAU TOBA 2014 DIGELAR 17-21 SEPTEMBER DI TOBASA

Pra FDT juga digelar di beberapa Kabupaten di Kawasan Danau Toba

IMG_20140512_114948Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dengan luas wilayah sekitar 2.021 km persegi telah dihunjuk Kementerian Pariwisata dan Ekomomi Kreatif menjadi tuan rumah penyelenggaraan Festival Danau Toba (FDT) Tahun 2014. Menjelang pelaksanaan even akbar tersebut, Tobasa terus berbenah untuk mensukseskan even tahunan yang telah menjadi agenda nasional tersebut.

“Secara maksimal kita mempersiapkan FDT2014, dengan harapan akan menjadi momentum kebangkitan sektor pariwisata dan menggerakkan ekonomi di Tobasa”, ujar Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, di Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta (12/05).

Mengingat waktu perhelatan festival tersebut sudah semakin dekat, Kasmin menyebutkan, kehadirannya di kantor kementerian tersebut, untuk mengintensifkan komunikasi untuk mematangkan persiapan yang dibutuhkan, serta meminta dukungan pemerintah pusat sehingga even tersebut akan bermanfaat, khususnya bagi warga Tobasa.

IMG_20140512_100709“Kita baru saja mengadakan rapat dengan Pak Sapta Nirwandar Wamen Parekraf dan beberapa kabupaten di Kawasan Danau Toba dan telah disepakati FDT akan dihelat pada 17-21 September 2014 mendatang”, ujarnya, didampingi Kadis Budpar Ultri Simanunsong dan beberapa pimpinan SKPD Pemkab Tobasa lainnya.

Ultri menambahkan, even FDT kali ini lebih mengetengahkan pada sisi Culture Tourism/ Wisata Budaya dan Sport Tourism/ Wisata Olah Raga. Selama 5 (lima) hari penyelengaraannya, jenis Sports Tourism, yang akan dilakukan yakni lomba paralayang, lomba solu bolon, lomba arung jeram, Lake Toba Drum Festival dan World Super Swim yakni lomba renang berskala internasional.

Dengan dukungan Kemenparekraf, katanya, dalam World Super Swim, akan menampilkan lomba renang di Danau Toba yang direncanakan melintasi beberapa kabupaten di kawasan Danau Toba dan akan diikuti perenang dunia dan nasional.

IMG_20140512_094900Disebutkan lagi, untuk kegiatan budaya, akan menampilkan pameran parekraf, seminar pariwisata, fashion show, pertunjukan budaya, dan lomba menyanyi paduan suara dan solo. Dalam berbagai even yang dilakukan, pihaknya berupaya menampilkam keunikan budaya dan kearifan lokal yang dimiliki. Dicontohkan, Lake Toba Drum Festival dilakukan, dilatarbelakangi adanya keunikan, mengingat hasil penelitian, hanya 4 (empat) negara yang memiliki melody drum.

Disamping kegiatan tersebut, dukungan yang diperoleh untuk mensukseskan even ini, katanya, juga diperoleh dari kabupaten tetangga dan TB Centre yang akan menggelar pra FDT untuk membantu promosi dan menyemarakkan FDT. Kegiatan tradisional seperti lomba solu bolon hias, lomba marhonong, lomba martumba, lomba baca tulis aksara Batak, maminta gondang, mangandung dan lainnya direncanakan akan digelar selama pra FDT.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s