TOBASA PERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL KE 106 TAHUN 2014

  • Harkitnas Agar Dimaknai Menjaga Keharmonisan dan Kemajemukan Bangsa

_MG_6356Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke 106 Tahun 2014 tingkat Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), diperingati di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige, Selasa (20/05). Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan, Wabup Liberty Pasaribu, Kapolres AKBP Edy Faryadi, Kajari Harly Siregar, Ketua PN Balige T Marbun dan Sekdakab Liberty Manurung.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Toba Samosir Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyebutkan, dalam rangka menjaga semangat dan nilai-nilai kebangsaan yang dirintis para pendahulu bangsa, diamanatkan untuk tetap waspada dan cerdas dalam menghadapi berbagai perubahan dan kemajuan yang terus berproses.

_MG_6379Sebagaimana thema Hari Kebangkitan Nasional ke 106 Tahun 2014, “Maknai Kebangkitan Nasional melalui Kerja Nyata dalam Suasana Keharmonisan dan Kemajemukan Bangsa”, juga diingatkan untuk mengimplementasikan romantisme perjuangan kebangkitan Nasional ke dalam pola pikir, sikap dan perilaku kebangsaan selaras dengan tuntutan zaman.

Lebih lanjut dikatakan, konflik horizontal dan gangguan keamanan yang masih terjadi serta menjamurnya perilaku koruptif, katanya, merupakan pola sikap dan perilaku yang harus dihilangkan. Karena itu, diharapkannya, semangat dan makna peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2014 harus menjadi semangat untuk berani melakukan evaluasi diri, semangat bagi penguatan komitmen seluruh komponen dan potensi bangsa dalam membangun Indonesia ke depan yang lebih baik.

Disamping pengibaran Bendera Merah Putih, upacara Harkitnas yang juga dihadiri para pimpinan SKPD, PNS di lingkungan Pemkab Tobasa, pelajar SD/SMP/SMA dan mahasiswa/i ini juga diisi dengan lantunan lagu-lagu nasional yang dipersembahkan siswa/i SMA Negeri 1 Balige.

ZIARAH NASIONAL

_MG_6301Sebelumnya, mengawali perayaan Harkitnas tersebut, tepat pukul 08.00 Wib, juga dilakukan ziarah nasional di Taman Makam Bahagia, Soposurung Balige, dengan Kapolres Tobasa AKBP Edy Faryadi selaku Inspektur Upacara, dan komandan upacara Danramil Silaen Kapten (inf) B.R Munthe.

Ziarah yang dimaksudkan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan Nasional khususnya yang telah meletakkan tonggak sejarah kebangkitan Nasional, diisi dengan peletakan karangan bunga di tugu oleh inspektur upacara. Kemudian, dilanjutkan dengan penaburan bunga oleh Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s