BUPATI DAN JAJARANNYA TEMU PERS DENGAN WARTAWAN/TI TOBASA

BUPATI : “INFORMASI PUBLIK YANG BAIK DAN BENAR MENGHASILKAN HAL-HAL YANG BAIK DAN BENAR PULA”

_MG_6746Dalam menyajikan informasi publik secara cepat, tepat dan akurat, Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan, hal ini akan mudah dipenuhi dengan dukungan insan pers. Informasi yang disajikan, diharapkan, dapat memberikan dampak yang positif dalam pelaksanaan pembangunan.

Hal ini disampaikannya pada temu pers yang dihadiri ratusan wartawan/ti media cetak/elektronik yang dilangsungkan di Balai Data Kantor Bupati Tobasa, Senin (26/05). Juga hadir pada kesempatan tersebut, Asisten Pemerintahan Audi Murphy Sitorus, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Ultri S. Simangunsong, Plt Kabag Humas dan Protokol Robintang Sitepu, Kabag Umleng Erwin Panggabean dan Kakan Satpol PP Elisber Tambunan.

Menurutnya, informasi yang disampaikan ke publik sangat mempengaruhi opini publik. Apabila publik diberi dengan informasi yang baik dan benar, maka hal-hal yang muncul di publik adalah hal-hal yang baik dan benar pula, demikian pula sebaliknya.

_MG_6700“Hal tersebut merupakan tugas mulia para insan pers”, katanya sembari menghimbau dalam menjalankan fungsi pers, salah satunya sebagai kontrol sosial, dapat dilakukan secara bertanggung jawab, netral, beretika dan menjungjung norma yang berlaku, tanpa meninggalkan semangat dan jiwa kritik yang membangun.

Dengan dukungan pers, Bupati meyakini tanggung jawab pemenuhan informasi pulik oleh badan publik dalam hal ini Pemkab Tobasa secara berangsur angsur akan mudah terpenuhi. Diharapkannya juga, kerjasama dengan insan pers akan menghasilkan pokok pokok pikiran yang positif, sebagai alternatif dalam berpartisipasi dengan kritik yang konstruktif pada setiap kebijakan pemerintah.

Kedepan, Bupati Pandotan Kasmin Simanjuntak berharap akan terbinanya dialog yang intensif dengan insan pers sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran, bertukar informasi, menyampaikan masukan, gagasan bahkan kritikan yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Toba Samosir.

PERSIAPAN FESTIVAL DANAU TOBA 2014

Dalam temu pers tersebut, dilakukan penyampaian informasi publik seputar persiapan pelaksanaan Festival Danau Toba 2014 oleh Kadis Budpar Ultri S Simangunsong. Dalam paparannya, Ultri menguraikan potensi dan tantangan serta konsep pengembangan kawasan Danau Toba secara khusus keterkaitannya dalam penyelenggaraan FDT.

_MG_6714Dalam paparannya disebutkan, Toba Samosir sebagai tuan rumah Festival Danau Toba 2014, akan menyelenggarakan beberapa kegiatan budaya disamping 9 kegiatan yang diprogramkan pihak kementerian. Pertunjukan budaya seperti “Panangkok Ogung”, “Sulang Sulang Pasangap Natua-Natua”, “Mangalahat Horbo”, dan “Panggokhon Ulaon Nauli”, akan digelar selama festival tersebut digelar dari tanggal 17-21 September 2014 mendatang.

Sementara untuk even akbar tersebut, rangkaian kegiatan yang diprogramkan pemerintah pusat, diantaranya berupa penyelenggaraan lomba solu bolon, lomba paralayang, Lake Toba’s Drum Festival, World Super Swim Series, Lomba Arung Jeram, Seminar Pariwisata, Lomba menyanyi, Fashion Show, dan pertunjukan budaya.

Disebutkan lagi, sebelumnya juga akan digelar pra FDT yang dijadwalkan pada 4-5 Juli mendatang. Ultri menambahkan, untuk suksesnya acara ini, pihaknya telah meminta dukungan semua pihak terkait, termasuk SKPD di lingkungan Pemkab Toba Samosir. Karena itu, katanya, sejak Mei hingga Agustus nanti, akan digelar sosialisasi, edukasi, promosi dan action plan pendukung even tahunan yang diselenggarakan pemerintah kabupaten/ kota di kawasan Danau Toba tersebut.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s