Berita Terbaru

TOBASA CANANGKAN BBGRM KE XI DAN PERINGATI HKG KE-42

BUPATI AJAK WARGANYA TUMBUH KEMBANGKAN NILAI NILAI KEGOTONG ROYONGAN

_MG_7372Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengajak seluruh masyarakat Tobasa untuk terus menumbuh kembangkan nilai-nilai kegotong royongan, karena menurutnya, dengan nilai-nilai kebersamaan yang terkandung di dalamnya akan mempermudah perwujudan pelaksanaan pembangunan.

“Kegotong royongan merupakan gerakan yang efektif dan efisien dalam mempercepat pembangunan, khususnya di tingkat desa/ kelurahan”, sebut Bupati Kasmin Simanjuntak, Rabu (25/06), saat melakukan pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat Ke XI Tahun 2014 tingkat Kabupaten Tobasa, di Desa Aek Ulok, Kecamatan Habinsaran, Tobasa.

_MG_7486Kerukunan dan hubungan persaudaraan warga desa, menurutnya, akan semakin terpelihara, apabila nilai-nilai gotong royong tersebut dapat dipertahankan atau bahkan dikembangkan lagi. Sifat saling peduli dan memiliki, juga akan lahir dengan sendirinya, sehingga pemanfaatan dan pemeliharaan hasil pembangunan akan terjaga.

Sebagai upaya menggalakkan sifat kegotong royongan tersebut, Bupati Kasmin Simanjuntak yang didampingi Ketua TP PKK Ny. Netty Pandapotan br Pardosi menyerahkan peralatan gotong royong untuk 16 kecamatan, yang diterima secara simbolis oleh Camat Habinsaran, Borbor dan Nassau. “Hendaklah di setiap desa, kegiatan gotong royong menjadi kebiasaan rutin untuk dilakukan”, himbaunya kepada seluruh camat dan kepala desa yang hadir.

_MG_7454Kegiatan ini juga dirangkai dengan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-42 tingkat Kabupaten Tobasa. Ketua TP PKK Kabupaten Tobasa, Ny Netty Pandapotan br Pardosi, dalam sambutan Ketua Umum TP PKK, mengamanatkan kepada TP PKK Kecamatan/ Desa/ Kelurahan, untuk lebih memahami hakekat pemberdayaan masyarakat dan program sosial dasar masyarakat.

Disebutkan juga, agar seluruh jajaran PKK, mampu memahami manajemen pembangunan partisipatif dan memahami kedudukan, fungsi dan peran sehingga dapat berkoordinasi dengan SKPD terkait, dalam memadukan gerak langkah program pemberdayaan.

“Seluruh upaya yang dilakukan gerakan PKK, harus diarahkan pada terwujudnya kehidupan keluarga yang lebih maju, bahagia, sehat dan sejahtera”, sebutnya. Pada kesempatan tersebut, Ny Netty Pandapotan br Pardosi selaku Ketua TP PKK juga mendaulat Bupati Kasmin Simanjuntak, untuk menyerahkan penghargaan kepada desa-desa di seluruh kecamatan yang telah ditetapkan sebagai pemenang Desa Binaan TP PKK Tahin 2013.

_MG_7391Setelah melalui tahapan pembinaan, evaluasi dan penilaian, adapun desa-desa binaan terbaik tersebut, meliputi Desa Pardamean Ajibata Kecamatan Ajibata sebagai Desa Terbaik Pelaksana Tertib Administrasi PKK, Desa Lumban Sitorus Kecamatan Parmaksian sebagai Desa Terbaik Pelaksana PKDRT, dan Desa Simpang Sigura-gura Kecamatan Porsea sebagai Desa Terbaik Kelompok UP2K PKK.

Kemudian, Desa Sigodang Tua Kecamatan Silaen sebagai Desa Binaan Terbaik untuk kategori Desa Pelaksana Hatinya PKK, Desa Narumonda II Kecamatan Siantar Narumonda sebagai Desa Terbaik Pelaksana Pemanfaatan Hasil Tanaman Obat Keluarga. Sedangkan Desa Aek Ulok Kecamatan Habinsaran, berhasil meraih desa binaan terbaik untuk kategori Desa PTP2WKSS tahun 2014.

Untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara, 4 (empat) desa lainnya juga berhasil mengukir  prestasi, yakni Desa Silamosik I Kecamatan Porsea sebagai Juara III desa pelaksana UP2K-PKK, Desa Narumonda V Kecamatan Siantar Narumonda sebagai Juara III kategori Desa Pemanfaatan Hasil TOGA, Desa Sionggang Utara Kecamatan Lumban Julu sebagai Juara Harapan I desa pelaksana tertib admnistrasi PKK, dan Desa Parsuratan Kecamatan Balige sebagai Juara Harapan I desa pelaksana pencegahan KDRT.

_MG_7338Secara khusus, TP PKK Kabupaten Tobasa juga menyerahkan bantuan pakaian dinas PKK untuk TP PKK Desa Aek Ulok. Sedangkan, Bupati Kasmin Simanjuntak juga menyalurkan bantuan berupa ternak bebek darat dan benih ikan nila bagi 89 KK warga desa setempat.

Disamping itu, sebelumnya di tempat yang sama, juga dilakukan pengobatan gratis bagi warga setempat oleh dokter dan tenaga medis dari Dinas Kesehatan Tobasa. Dengan dikoordinir dr. Juliawan Hutapea, Kepala Puskesmas Habinsaran, para tenaga medis dengan sigap melakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan obat gratis bagi seluruh warga yang hadir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s