PERUBAHAN IKLIM, WARGA DIHIMBAU TANGGAP MUSIBAH KEBAKARAN

_MG_8400Kondisi iklim saat ini di Kabupaten Tobasa, menurut Kabag Humas dan Protokol Setdakab Tobasa, Bakhtiar Simanjuntak, Sabtu (19/07), sangat berpotensi menyebabkan terjadinya musibah kebakaran. Kondisi cuaca di musim kemarau, berdampak akan lahan kering yang rentan untuk terbakar.

Karena itu, Pemkab Tobasa telah menghimbau seluruh masyarakatanya, agar dalam pembukaan lahan-lahan pertanian dan perkebunan melalui pembakaran lahan sebisa mungkin untuk dihindari. “Kami himbau warga agar waspada dan antisipatif, sehingga kebakaran lahan tidak terjadi dan musibah kebakaran di pemukiman penduduk”, katanya.

Terjadinya musibah kebakaran yang terjadi beberapa kali baru-baru ini di wilayah tersebut telah menjadi perhatian tersendiri pihaknya. Untuk menghindari terjadinya musibah serupa, dia menghimbau warganya untuk tanggap musibah kebakaran yang mungkin terjadi. Dengan prinsip kehati-hatian, khususnya bagi warga yang menggunakan bahan bakar minyak tanah dan gas, diyakini akan mampu meminimalisir terjadinya musibah kebakaran.

Penggunaan bahan bakar minyak dan gas untuk kepentingan rumah tangga saat ini, diingatkannya harus dengan kehati-hatian. Sebagai bahan bakar yang mudah terbakar, tentunya cara penggunaannya untuk kebutuhan rumah tangga harus benar-benar dipahami. “misalnya, regulator pipa gas harus benar-benar terpasang dengan benar, sedangkan untuk kompor minyak, harus benar-benar dipadamkan setelah dipergunakan, sehingga tidak sampai meledak”, ujar Bakhtiar.

Disamping itu, kata dia, pada beberapa desa di wilayah kabupaten tersebut, diakui memang masih banyak warganya yang menggunakan kayu bakar untuk kegiatan rumah tangga. Hal ini juga menurutnya untuk tidak luput dari perhatian, karena sisa-sisa penggunaan kayu bakar harus benar-benar dipadamkan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s