Berita Terbaru

167 RIBU WARGA TOBASA DIJAMIN BPJS-KESEHATAN

  • BUPATI TERIMA SECARA SIMBOLIS KARTU JKN

IMG_9207Untuk memberikan jaminan layanan kesehatan bagi masyarakatnya, khususnya terkait pemeliharaan kesehatan dan kebutuhan dasar kesehatan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), telah memberi kepercayaan kepada BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar untuk mengelola Jaminan Kesehatan Daerah kepada 2.000 jiwa warganya, dengan sumber pembiayaan melalui APBD Kabupaten Tahun 2014.

Hal ini disampaikan Bupati Tobasa, Pandapotan Kasmin Simanjuntak melalui Kabag Humas dan Protokol Bakhtiar Simanjuntak, Kamis (24/07) di Balige. Bakhtiar menambahkan, hal ini merupakan perwujudkan komitmen Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam merealisasikan vis dan misi pemerintahannya, khusunya dalam bidang kesehatan, serta mendukung UU SJSN No. 40 tahun 2004 dan Perpres No. 111 tahun 2003.

IMG_9225Sebelumnya, kata dia, telah dilakukan penyerahan secara simbolis Kartu JKN, oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar, Rasinta Ria Ginting, dan diterima langsung oleh Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, didampingi Sekdakab Tobasa Audi M. Sitorus dan Kepala Dinas Kesehatan Toba Samosir Dr. PH Batubara, Selasa, 22 Juli 2014 di Balige.

“Bupati sangat mengapresiasi hal ini, dimana BPJS telah hadir untuk meringankan beban warganya dalam hal kesehatan,” ujar Bakhtiar. Karena itu, katanya, sebagaimana disampaikan Bupati, pihaknya akan sepenuh hati, mendukung rencana baik BPJS untuk memberikan yang terbaik bagi seluruh masyarakat. Untuk itu pula, pihaknya juga menghimbau warga Tobasa supaya tidak segan-segan mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar, Rasinta Ria Ginting SE, Ak, Msi, AAAK menyatakan, melalui BPJS Kesehatan, selambat-lambatnya per 1 Januari 2019, seluruh rakyat Indonesia akan dijamin kesehatannya secara universal coverage.

Rasinta Ria Ginting menyampaikan terimakasih dan penghargaan atas kepercayaan Pemkab Toba Samosir kepada BPJS Kesehatan Cabang Pematangsiantar. Ia mengatakan BPJS akan senantiasa berkomitmen tinggi untuk selalu mengoptimalkan potensi yang ada, dalam menghasilkan kualitas pelayanan yang bukan hanya sesuai standar, tetapi juga dapat memenuhi tuntutan dan harapan pelanggan.

IMG_9219Sejauh ini tercatat hingga Juli 2014, jumlah peserta BPJS Kesehatan Wilayah Kantor Cabang Pematangsiantar yang meliputi empat daerah yakni, Kota Pematangsiantar, Kabupaten Simalungun, Toba Samosir dan Samosir mencapai 566.535 peserta. Jumlah itu berasal dari eks peserta Askes Sosial, eks peserta Jamkesmas, peserta integrasi Jamkesda, eks peserta Jaminan Kesehatan Jamsostek, peserta dari TNI/Polri serta peserta mandiri.

Untuk Tobasa sendiri, Rasinta menyebutkan, dari jumlah penduduk 167 ribu lebih yang sudah menjadi peserta BPJS 79.978 peserta, dari angka tersebut dan masih 47,71%, Rasinta berharap, melalui kerjasama yang mereka bangun peserta BPJS di Tobasa akan lebih meningkat,” seperti itulah kerjasama yang akan kami bangun dengan Pemkab Tobasa, bagaimana masyarakat supaya lebih peduli dengan jaminan kesehatannya,” ujar Rasinta.

Dikatakan Rasinta, untuk mendukung pelayanannya, seluruh wilayah kerjanya terdapat 115 fasilitas kesehatan (Faskes) tingkat pertama, diantaranya 84 puskesmas, 8 dokter praktek perorangan (DPP),16 klinik pratama, 4 klinik Polri, 3 klinik TNI , untuk faskes tingkat lanjutan  rumah sakit sebanyak 8 unit.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s