BUPATI TOBASA MENJAMU WARGA MUSLIM TOBASA BUKA PUASA BERSAMA

  • 43 ANAK YATIM TERIMA TALI ASIH DARI BUPATI DAN IBU

IMG_9477Hampir seribuan masyarakat muslim Toba Samosir (Tobasa), yang diperkirakan berasal dari sekitar 35 kenaziran masjid yang tersebar di 16 kecamatan, dan dari berbagai kelompok perwiritan, pengajian, anak yatim dan remaja mesjid memadati kediaman Bupati Tobasa untuk mengikuti Buka Puasa Bersama yang digelar Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Rabu (23/07).

Dalam sambutannya, Bupati Kasmin Simanjuntak berharap, melalui buka puasa bersama itu, akan semakin mempererat dan memperkokoh  ikatan silaturahmi dengan masyarakat khususnya umat Muslim di Tobasa. “Kebersamaan itu sangat indah, khususnya di bulan Ramadhan ini, karena itu kita harus saling hormat menghormati dan menjaga toleransi sesama umat beragama”, kata Bupati Kasmin.

Menurutnya lagi, dengan ikatan silaturahmi yang baik, semangat dalam membangun Tobasa diharapkan akan semakin menggelora di dalam diri masing-masing dan terwujud dalam kehidupan sehari-harinya. Karena, kata dia, pembangunan itu akan semakin tepat sasaran, apabila seluruh elemen masyarakat mau terlibat dan melibatkan diri.

IMG_9411Momentum Ramadhan ini, lanjut Kasmin, marilah kita jadikan introspeksi diri dan semangat menghadapai berbagai tantangan di masa yang akan datang. “Akhir kata saya ungkapkan selamat menunaikan ibadah puasa dan selamat menyongsong hari raya Idul Fitri 1435 H tahun 2014,” sebutnya.

Sebelum buka puasa digelar, juga dilakukan pembacaan ayat suci Al Quran, oleh Qory Rahmi Tambunan, Juara MTQ tingkat Kabupaten Tobasa dengan Saritilawah Wasni Maysarah. Sedangkan untuk tausiah, langsung dibawakan oleh Tuan Guru Syech Ali Akbar Marbun, pimpinan pondok pesantren Al Kautsar Al Akbar, Medan.

Turut hadir dalam acara itu, Kapolres Tobasa AKBP M Edi Faryadi, Kajari Balige Harly Siregar SH M Hum, Ketua PN Balige T Marbun SH, Karutan Balige, Ketua KPU Tobasa Rinto Hutapea, Ketua MUI Tobasa Drs Johari E Samosir, Praeses HKBP Distrik XI Toba Hasundutan Pdt Midian KH Sirait, para pimpinan dan staf SKPD Pemkab Tobasa dan undangan lainnya.

IMG_9453Dipenghujung acara, Bupati Kasmin memberikan santunan tali asih kepada 43 anak yatim dari Panti Asuhan Masjid Raya Porsea dan Masjid Lumbantolong. Sebelumnya, Bupati juga menjamu anak yatim ini dengan takjil berbuka puasa dan makan bersama.

Sebelumnya, Ketua panitia penyelenggara Robet Gono yang menjabat sebagai Asisten I Pemkab Tobasa, dalam laporannya menyatakan bahwa acara berbuka puasa itu merupakan agenda tahunan dari Pemkab Tobasa. Tujuannya untuk mempererat tali persaudaraan, bukan hanya internal, namun dari segala profesi, secara khusus masyarakat Tobasa keseluruhan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s