BUPATI KASMIN SIMANJUNTAK APRESIASI ANAK RANTAU DARI HABINSARAN, NASSAU DAN BORBOR

Bupati : “Anak Rantau Diharapkan menjadi Motivator Kemajuan Kampung Halamannya”

IMG_1088Dukungan dan peran serta masyarakat dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sangatlah penting dan diharapkan, sehingga arah pembangunan dapat semakin merata dan tepat sasaran sebagaimana cita-cita  dan Visi Kabupaten Tobasa yaitu, “mewujudkan Kabupaten Toba Samosir yang dilandasi Kasih, Peduli dan Bermartabat.”

Salah satu wujud nyata partisipasi masyarakat ini, terlihat dari acara yang diprakarsai para anak rantau dari Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau, Sabtu, (09/08), yang menggelar Doa Bersama untuk pemberangkatan siswa/i asal Habinsaran, Borbor, Nassau yang telah diterima di beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkemuka di Indonesia.

_MG_1056Atas dukungan dan peran serta tersebut, Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Ketua TP PKK Ny Netty Pandapotan br Pardosi, mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih atas acara yang digagas para anak rantau tersebut. Bupati menilai, perhatian dan tindakan nyata para tokoh muda yang berasal dari Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau, merupakan suatu kepedulian, khususnya di bidang pendidikan akan “Bona Pasogit-nya” (kampung halaman-red) yang patut untuk diteladani. “Apa yang digagas para anak rantau ini, kiranya dapat  diteladani, dan menjadi motivasi bagi

Bupati Kasmin Simanjuntak juga mengajak seluruh elemen masyarakat Toba Samosir untuk tak henti-henti mengambil peran serta memajukan dunia pendidikan, sehingga semakin terjangkau dan berkualitas di seluruh jenjang pendidikan. Dia optimis, dengan dukungan seluruh elemen masyarakat, Tobasa akan semakin mampu melahirkan generasi emas yang kreatif, inovatif, produktif mampu berpikir dengan baik, berkarakter serta cinta dan bangga menjadi bangsa Indonesia. Dengan pendidikan yang berkualitas, Kasmin berkeyakinan generasi muda Tobasa, telah memiliki bekal masa depan untuk lebih berdaya saing dan mampu menghadapi perkembangan zaman yang semakin maju untuk membangun peradaban yang unggul, secara khusus dalam menuju Kabupaten Toba Samosir yang penuh Kasih, Peduli dan Bermartabat.

_MG_1114Salah seorang anak rantau pemrakarsa kegiatan tersebut, Kapten T. M. Panjaitan menyatakan ucapan terimakasih dan rasa bangga kepada Bupati Tobasa dan Ibu, yang telah berkenan hadir pada acara pemberangkatan siswa/i yang telah diterima di PTN/PTS terkemuka di Indonesia. TM. Panjaitan mengakui, “Kami tidak dapat memberikan banyak tetapi Kami berprinsip Sedikit Nyata Ada dan Berguna,” sehingga walau kecil yang kami kerjakan buat kampung halaman dapat bermanfaat daripada tidak samasekali.

Kepada para siswa/i yang telah diterima di PTN/PTS di berbagai daerah kami bangga atas prestasi ini dan harapan kami manfaatkanlah  kesempatan ini sebaik mungkin untuk menyongsong masa depan yang lebih baik sehingga Kecamatan Habinsaran, Borbor, Nassau ke depan akan lebih baik terutama dalam pembangunan Sumber Daya Manusia.

_MG_1072Pemrakarsa lainnya, Richard Lubis yang juga Tokoh Pemuda Habinsaran menyebutkan, agar suatu saat nanti para Calon Mahasiswa yang diberangkatkan hari ini bisa menjadi contoh dan menjadi motivator bagi generasi berikutnya untuk mencapai cita-cita yang lebih baik lagi, sehingga tiga kecamatan ini tidak lagi tertinggal dari daerah lainya tetapi diharapkan bisa menjadi contoh kebangkitan pembangunan terutama dalam pendidikan.

Para anak rantau dari Kecamatan Habinsaran, Borbor dan Nassau yang memprakarsai Doa Bersama ini, antara lain; Kapten T.M. Panjaitan (Pasi Intel Kodim Medan), Richard Lubis (Tokoh Pemuda Habinsaran), Tunggul Pardosi (Tokoh Pemuda Habinsaran), Leo Pasaribu (Tokoh Pemuda Habinsaran), Hulman Hutagalung (Tokoh Pemuda Habinsaran) bekerjasama dengan Camat Habinsaran Santo Pane, Plt. Camat Borbor Bertua Pasaribu dan Camat Nassau Liber Sipahutar.

Pada kesempatan itu Bupati  didaulat oleh Pemrakarsa (anak rantau) untuk berkenan menyerahkan bantuan kepada para  calon mahasiswa baru yang telah diterima di PTN/PTS di berbagai daerah di Indonesia. Kemudian Bupati bersama tokoh masyarakat memberikan cendera mata berupa Ulos kepada anak rantau yang diterima oleh Kapten TM. Panjaitan sebagai bentuk rasa terimakasih dan kenang-kenangan dari seluruh masyarakat Habinsaran. Diakhir acara diadakan ritual Mangupa-upa calon mahasiswa baru oleh Tokoh Masyarakat, Bupati Tobasa dan Ibu serta Kapten TM. Panjaitan dari Pemrakarsa untuk doa keselamatan dan kesuksesan buat para calon mahasiswa dalam menjalani pendidikan yang nantinya akan ingat kembali ke kampungnya untuk berbakti dan membangun kampong halamanya.

Sebagaimana juga dilaporkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Tobasa Lalo Hartono Simanjuntak bahwa jumlah siswa/i yang diterima di PTN/PTS terkemuka di Indonesia dari Kecamatan Habinsaran, Borbor, Nassau berjumlah 82 orang yang telah dilaporkan dan 1 (satu) orang telah lulus masuk Akademi Militer di Magelang atas nama Ramson Pasaribu berasal dari Kecamatan Borbor. Juga hadir dalam acara ini, Kadis Diknas Tobasa Lalo H. Simanjuntak, Kabag Humas dan Protokol Bakhtiar Simanjuntak, Uspika Kec. Habinsaran, Borbor, Nassau para kepala sekolah dan Kepala UPTD Pendidikan

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s