DIHADIRI BUPATI TOBASA, KEMENPAREKRAF RESMI “LAUNCHING” FDT 2014

IMG_20140904_131221Menjelang perhelatan Festival Danau Toba dengan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sebagai tuan rumah pada 17 s/d 21 September 2014 sudah semakin dekat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) akhirnya secara resmi melakukan “launching” event akbar tahunan kepariwisataan kabupaten/ kota di kawasan Danau Toba tersebut, Kamis (04/09) di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta.

“Launching” FDT 2014 ini, ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Menteri Parekraf Sapta Nirwandar dan Tokoh Masyarakat Batak TB Silalahi serta dilanjutkan pemukulan “taganing” (alat musik tradisional Batak-red) oleh Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Bupati Samosir Mangindar Simbolon, Sekjen, Irjen dan para Dirjen Kemenparekraf.

IMG_20140904_135458Setelah itu, langsung digelar konfrensi pers dengan para awak media, baik media cetak dan elektronik yang dipandu Wamen Parekraf Sapta Nirwandar. Disebutkan, disamping akan mampu meningkatkan kunjungan wisatawan, Festival Danau Toba 2014 diharapkan dapat mempersatukan seluruh komponen masyarakat Sumatera Utara untuk berkontribusi mensejahterakan masyarakat melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami mendukung pelestarian alam, dan upaya melestarikan kreatifitas budaya masyarakat kawasan Danau Toba, serta pemberdayaan masyarakat untuk peningkatan kesejahteraan dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki menjadi bernilai ekonomi”, ungkapnya.

Pada pagelaran FDT tersebut, disebutkan, setiap hari akan digelar event budaya dan event olahraga serta atraksi lainnya, yang diharapkan dapat diikuti oleh masyarakat lokal, nasional hingga internasional. Melalui event tersebut, Tobasa diharapkan akan semakin dikenal dengan potensi pariwisata yang dimiliki serta keunikan budayanya.

IMG_20140904_131304Sementara, Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, menegaskan kembali kesiapan pihaknya untuk mensukseskan festival tersebut. Kasmin juga mengapresiasi dukungan berbagai pihak, seperti para kabupaten tetangga yang juga menggelar kegiatan lokal menyemarakkan FDT dimaksud. “Kami juga sangat menghargai dukungan berbagai pihak, sehingga persiapan yang dilakukan dapat semakin lebih baik”, kata Bupati Kasmin Simanjuntak yang didampingi Sekdakab Audy Murphy Sitorus dan beberapa SKPD terkait lainnya.

Bupati juga menghimbau, agar dapat menjadi tuan rumah yang baik bagi para seluruh tamu dan wisatawan lainnya. Beberapa hal sebagaimana prinsip-prinsip Sapta Pesona, diharapkan dapat diterapkan, karena dengan demikian, Tobasa sebagai salah satu daerah dengan potensi objek wisata yang cukup kaya, dapat semakin diperhitungkan sebagai destinasi wisata unggulan.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s