KOMISI A DPRD SUMUT TARGETKAN SENGKETA TAPAL BATAS TUNTAS 2015

TOBASA DIMINTA BENTUK TIM PERCEPATAN TAPAL BATAS

_MG_7611Rombongan Komisi A DPRD Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja di wilayah Kabupaten Toba Samosir, Kamis (06/11) dan diterima Bupati Tobasa yang diwakili Staf Ahli Bupati bidang Pembangunan Labinsar Sirait, Asisten Pemerintahan Robert Gono Hutajulu,dan  Asisten Administrasi Umum Salomo HK Simanjuntak di Balai Data, Kantor Bupati Tobasa di Balige. Turut mendampingi pada kesempatan tersebut, Kabag Tapem Gibson Sinaga, Kabag Kessos Harapan Napitupulu, Plt Kabag Humas dan Protokol Robintang Sitepu dan beberapa perwakilan SKPD di lingkungan Pemkab Tobasa.

Sementara, Komisi A DPRD Sumut dipimpin langsung Ketua Komisi A Tonni Togatorop, Wakil Ketua Komisi  A FL Fernando Simanjuntak dan Sarma Hutajulu, Sekretaris Komisi Roni Reynaldo Situmorang dan para anggota yang terdiri dari Mohammad Hafez, Burhanuddin Siregar, Anhar Monel,  Putri Melani Daulay dan Ridho Lubis. Rombongan juga didampingi, pejabat dari Setdaprovsu, yakni dari Biro Pemerintahan Umum Aswin Lubis dan Julianus Efrata dari Biro Otda.

Ketua Komisi A Tonni Togatorop menjelaskan, kunjungan kerja tersebut bertujuan untuk melakukan koordinasi  tentang masalah tapal batas antar kabupaten/ kota yang menurutnya sudah berlarut-larut belum terselesaikan.

_MG_7607Senada, Sekretaris Komisi Rony Reynaldo menambahkan, pihaknya bermaksud untuk mengetahui secara langsung problematika yang dihadapi Tobasa terkait sengketa tapal batas, sehingga bisa ditindaklanjuti sesuai kewenangan mereka. Ditambahkannya lagi, mereka bermaksud mendorong percepatan pengelolaan tapal batas dan untuk mengetahui  sejauh mana penataan tapal batas telah dilakukan, dan sampai dimana konsistensi  tapal batas yang ada digunakan.

Anggota Komisi A lainnya, Ridho Lubis menyebutkan, penyelesaian sengketa tapal batas pada beberapa kabupaten/ kota termasuk masalah yang agak pelik namun kadang mudah untuk diselesaikan. Karena menurutnya, sengketa tapal batas itu sering muncul akibat perebutan potensi sumber daya alam pada tapal batas tersebut.

Karena itu, Politisi PDI Perjuangan Sarma Hutajulu yang berasal dari daerah pemilihan 9 yang meliputi Kabupaten Tobasa berharap, kunjungan kerja yang dilakukan dengan pihak Pemkab Tobasa dapat benar benar bermanfaat dalam membantu dan memberikan solusi terhadap masalah-masalah tapal batas dan sengketa pertanahan lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, sebelum diskusi penanganan tapal batas dilakukan, dilakukan paparan tentang Penataan Batas Wilayah Kabupaten Tobasa dengan kabupaten tetangga oleh Kabag Tapem Gibson Sinaga. Sebagaimana disebutkan, Kabupaten Tobasa berbatasan dengan Kabupaten Simalungun pada sebelah Utara, Kabupaten Asahan dan Labura di sebelah Timur, Kabupaten Tapanuli Utara di sebelah Selatan dan Kabupaten Samosir di bagian Barat.

_MG_7631Usai paparan, dilanjutkan dengan diskusi yang menghasilkan rekomendasi berupa pembentukan tim percepatan tapal batas di Tobasa serta menargetkan permasalahan tapal batas tersebut akan tuntas pada 2015 mendatang. Menindaklanjuti penyelesaian sengketa tapal batas tersebut, Komisi A berjanji  akan melakukan kunjungan kerja dengan kabupaten yang bertetangga dengan Tobasa, serta meminta pihak Pemkab Tobasa untuk melakukan koordinasi dengan kabupaten/kota tersebut. Juga direkomendasikan, untuk mendapatkan akurasi tapal batas yang tepat, Pemkab Tobasa diminta melakukan konsultasi dengan pihak BPN dan Dinas Kehutanan.

Menanggapi hasil dan kunjungan kerja Komisi A DPRDSU tersebut, Labinsar Sirait menyampaikan apresiasi atas perhatian yang diberikan dalam penataan dan penyelesaian sengketa tapal batas di wilayah tersebut. Dia juga berharap, dukungan para anggota legislatif tersebut, agar permasalahan tapal batas dan pertanahan yang terjadi di Tobasa dapat diselesaikan dengan baik dan cepat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Toba Samosir)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s