PERINGATI HARI PAHLAWAN TAHUN 2014, FKPD TOBASA ZIARAHI MAKAM RAJA SISINGAMANGARAJA XII

IMG_7706Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2014 tingkat Kabupaten Toba Samosir, diawali dengan ziarah nasional di Makam Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII, di Desa Pagar Batu, Balige, Senin (10/11).

Dalam ziarah nasional ini, dilakukan penghormatan kepada arwah para pahlawan yang dipimpin oleh Kapolres Toba Samosir, AKBP Budi Hariyanto, Sik, MSi yang bertindak sebagai inspektur upacara. Kemudian, dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga serta penaburan bunga oleh Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak didampingi Ketua TP PKK Ny Netty br Pardosi, Kajari Balige Harly Siregar, Ketua PN Balige T Marbun dan Sekdakab Tobasa Audy Murphy Sitorus.

Selepas ziarah nasional, digelar acara puncak Peringatan Hari Pahlawan dalam upacara yang dilaksanakan di Lapangan Sisingamangaraja XII Balige, yang diikuti oleh para pelajar SD, SMP, SLTA, mahasiswa, legiun veteran, PNS, personil TNI/POLRI, dan para pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Toba Samosir. Juga turut mengikuti upacara organisasi masyarakat dan pemuda.

_MG_7808Inspektur Upacara, Kapolres Tobasa AKBP Budi Hariyanto, S.Ik, MSi dalam sambutan Menteri Sosial RI yang dibacakannya, mengajak seluruh peserta upacara untuk memaknai sikap kepahlawanan. Disebutkan, Sikap kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi. Karena itu, sikap kepahlawanan tersebut, diharapkan menjadi kekuatan moral yang dapat diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya disebutkan, tema yang diangkat pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2014 adalah “Pahlawanku Idolaku”. Ini dimaksudkan, untuk menggugah semangat kepahlawanan sebagai ukuran nilai, baik sebagai panutan maupun figur idola pencarian jati diri. Tema tersebut, juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di “dada” setiap insan indonesia.

IMG_7726Upacara yang berlangsung sederhana dan khidmat ini, juga diisi dengan pembacaan pesan-pesan perjuangan para Pahlawan Nasional, salah satunya ungkapan, “Rela berkorban tanpa pamrih, pantang mundur dan percaya pada kemampuan sendiri adalah sikap para Pahlawan”.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s