SELURUH DESA DI TOBA SAMOSIR DITARGETKAN MILIKI PAUD PADA TAHUN 2015

Pengukuhan Bunda PAUD KecamatanDalam rangka mensukseskan program Nasional, pada tahun 2015 nanti, seluruh Desa yang ada di wilayah Kabupaten Tobasa harus memiliki Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Untuk itu, Bunda PAUD Kecamatan yang baru di kukuhkan diminta lebih serius, lebih giat menjadikan PAUD Sebagai kebutuhan di Daerah itu.

Hal itu diungkapkan Ketua Forum PAUD Kabupaten Tobasa Ny Netti Pandapotan Kasmin Simanjuntak saat sosialisasi peningkatan akses dan layanan PAUD sekaligus pengukuhan Ibu Camat se-Kabupaten Tobasa sebagai Bunda PAUD Kecamatan, yang di gelar di Aula SMKN 1 Laguboti, Rabu (12/11).

“Bunda PAUD Kecamatan harus menjadi motivator bagi PAUD. Harus mampu membuat starategi, kebijakan, serta program yang mengatasi permasalah PAUD. Kemudian PAUD harus dibina dan dikembangan agar menjadi satuan pendidikan yang berkualitas, hingga semua Desa minimal memiliki masing-masing 1 PAUD,” tutur Ny Netti Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya.

Tentang pendidikan, lanjutnya,  metode pendidikan yang diterapkan adalah bermain sambil belajar. Untuk itu saya harapkan agar seluruh tenaga pendidik PAUD agar tidak melupakan yang mencakup 6 domain, yaitu aspek bahasa, matematika, seni dan kreativitas, agama, bahan alam dan psikomotor. Sehingga pembelajaran yang dilakukan tidak menjemukan anak didik,” pintanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Drs Lalo H Simanjuntak menambahkan, pendidikan anak usia dini sangatlah penting dilakukan. Dimana usia dini merupakan emas dalam pertumbuhan kecerdasan dan karakter anak, sehingga memerlukan perhatian seksama dari orang tua dan masyarakat. Untuk itu peran bunda PAUD Kecamatan sangat penting, sebagai mana tugas dan fungsi Bnda PAUD yakni sebagai mitra utama gerakan nasional PAUD, memotiasi masyarakat dan pemangku kepentingan, memberikan sumbangan pemikiran, sosialisasi dan penggerakan PAUD di tingkat Desa, serta merangkul segenap komponen yang ada di kecamatan untuk memberikan jaminan, kepastian, kesetaraan dan perlindungan layanan PAUD.

“Keberadaan Bunda PAUD Sangat penting di tengah masyarakat. Mengingat bahwa tidak semua anak usia dini menikmati pendidikan. Minimnya kesadaran org tua pelayanan PAUD, serta terbatasnya dukungan pemerintah dalam upaya layanan PAUD,” tutur Lalo H SImanjuntak.

Bunda PAUD, lanjut Lalo, haruslah lebih giat, semangat dalam hal pengembangan PAUD. Sebagaimana kita ketahui, dari 244 Desa yang ada di Tobasa, PAUD yang ada hanya 189. Tahun 2015, minimal 1 Desa harus ada 1 PAUD,” pintanya.

Kemudian, kata Lalo, anggaran untuk PAUD kedepannya akan kita tambah dari APBD. Baik insentif tenaga pendidik, dan juga bantuan operasional. Memang hal itu sudah kita rencanakan pembahasan di APBD 2015 nanti,” tandasnya.

(team/ft)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s