Berita Terbaru

TOBASA PERINGATI HARI KELUARGA KE 21 DAN CANANGKAN KESATUAN GERAK PKK-KB-KES

  • KADER BKR TOBASA, WAKILI SUMUT KE TINGKAT NASIONAL

_MG_8037Peringatan Hari Keluarga ke-21 yang dirangkai dengan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan tingkat Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Tahun 2014, yang dilaksanakan di Pelataran Kantor Bupati Tobasa, Kamis (13/11) dihadiri para Pengurus dan Kader PKK tingkat desa, kecamatan dan kabupaten.

Bupati Toba Samosir melalui Wakil Bupati Liberty Pasaribu menyebutkan, peringatan hari keluarga dan pencanangan kesatuan gerak PKK-KB-Kesehatan, menjadi momentum mengingatkan betapa pentingnya peranan keluarga dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini juga katanya, yang melatar belakangi, program kesejahteraan rakyat yang dilakukan pemerintah pusat maupun daerah saat ini, lebih bermuara pada keluarga sebagai sasaran utamanya.

Sejalan dengan hal itu, kata Liberty, perlu dibina kebersamaan dan keterpaduan, sehingga program-program tersebut, dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas. Untuk itu, dia meminta, agar semua pihak dan instansi terkait yang terlibat langsung, agar melakukan program tersebut secara terencana, sehingga pembinaan yang dilakukan dapat memotivasi para kader di desa/ kelurahan untuk menjadi pelaksana terbaik di bidangnya masing-masing.

_MG_8071Sebelumnya, Ketua TP PKK Kabupaten Tobasa  melalui Wakil Ketua Ny Panamean Salomo Simanjuntak, mengatakan, tema yang diangkat untuk Hari Keluarga kali ini adalah “Melalui Hari Keluarga, Kita Tingkatkan Kualitas Keluarga dalam mewujudkan Indonesia Sejahtera”. Sedangkan, pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan, mengangkat tema “Melalui Kesatuan Gerak PKK, KB-Kes di Penghujung RPJM 2014, kita perkuat program pemberdayaan keluarga sejahtera, kependudukan dan kesehatan sebagai target akhir MDGs”.

Sesuai tema tersebut, katanya, pihaknya akan berupaya meningkatkan cakupan dan kualitas program KKB, dan pelayanan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) serta kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektoral.

Acara ini juga diwarnai dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba yang diselenggarakan TP PKK beberapa waktu lalu. Tercatat 14 kategori lomba telah diselenggarakan, yakni lomba KB Lestari, lomba pelaksana terbaik PKK-KB-Kesehatan, pelaksana Posyandu terbaik, pelaksana PHBS, pelaksana LBS, lomba pencapaian MKJP dan lomba Bidan Praktek KB Mandiri. Kemudian, Lomba IMP/PPKBD, lomba PLKB, lomba BKB, lomba BKL, lomba UPPKS Unggulan, lomba keluarga harmonis, dan lomba BKR Teladan.

_MG_8077Sebelumnya, menandai pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan untuk tingkat Kabupaten Tobasa, Wabup Liberty Pasaribu melakukan pemukulan gong. Sementera, untuk penyerahan hadiah kepada masing-masing pemenang, antara lain diserahkan Wabup Liberty Pasaribu, Kapolres Tobasa AKBP Budi Hariyanto, Sekdakab Audy Murphy Sitorus, Asisten Pemerintahan Robert Gono, Kadis Kesehatan dr Frida Sinaga, Kadis Pendidikan Lalo H Simanjuntak, Kadis Sosial TH Sitorus, Ketua Dharma Wanita Persatuan dan undangan lainnya.

Disebutkan, pada pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Tahun 2014 ini, TP PKK Kabupaten Tobasa juga menorehkan prestasi melalui kadernya yang berhasil sebagai Juara I tingkat Provinsi Sumatera Utara, pada ketegori Lomba Kader Bina Keluarga Remaja (BKR) Teladan.

Sebagai juara pertama tingkat provinsi, Andi Marlon Tambunan, dari Kelompok BKR Sejahtera, Desa Lumban Gaol, Kecamatan Balige, kemudian diutus menjadi duta Provinsi Sumut mengikuti Hari Keluarga tingkat Nasional, yang baru-baru ini terselenggara di Surabaya, Jawa Timur. “Puji Tuhan, kita berhasil masuk sepuluh besar, dari 33 provinsi di Indonesia”, bebernya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s