BUPATI TOBASA BUKA SECARA RESMI PELAKSANAN SELEKSI CPNS PELAMAR UMUM

  • HARI PERTAMA, 28 TIDAK MENGIKUTI UJIAN,  109 MEMENUHI PASSING GRADE

_MG_8604Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak membuka secara resmi pelaksanaan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi Pelamar Umum di lingkungan Pemkab Tobasa, yang dilangsungkan di Aula SMKN 1 Balige, Senin (24/11) di Balige.

Pembukaan secara resmi seleksi ini, ditandai dengan pembukaan segel “server CAT” yang dibawa khusus tim Badan Kepegawaian Negara (BKN)  Kanreg VI Medan, dengan disaksikan Kapolres Tobasa AKBP Budi Hariyanto, Sekdakab Tobasa Audi Murphy O Sitorus selaku Ketua Panitia Seleksi, Kepala BKD Kasten Panjaitan, para undangan, para peserta ujian dan insan pers yang hadir.

Dalam arahannya, Bupati Kasmin Simanjuntak menyebutkan, tahapan seleksi dengan metode Computer Assited Test (CAT) ini diharapkan akan menjadi jawaban akan tantangan dan persoalan bangsa dalam menjaring putra-putri terbaik bangsa untuk diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil, dengan kompetensi bidang sesuai dengan standard minimal yang telah ditetapkan.

_MG_8635Mekanisme rekruitmen PNS yang baik, diyakininya, akan menghasilkan para PNS yang professional, berkualitas dan bertanggung jawab sehingga aparatur yang mempunyai kapasitas dan kompetensi di bidangnya dapat terwujud. “Kita berharap, dengan sistem CAT ini, upaya pemerintah dalam menyelenggarakan rekruitmen CPNS secara bersih dan berkualitas dapat terwujud”, kata Kasmin.

Kasmin juga mengingatkan para pelamar, dengan metode CAT pada rekruitmen kali ini, kelulusan para pelamar hanya ditentukan oleh kemampuan sendiri dalam menjawab soal-soal ujian. Karena itu, dia meminta agar para pelamar dapat dengan tekun dan serius mengikuti proses seleksi, agar memperoleh hasil yang maksimal.

Kabid BIMTEK dari Kanreg VI BKN Westerling Siregar, yang mewakili tim dari BKN, mengapresiasi kesiapan panitia seleksi daerah Kabupaten Tobasa yang begitu teliti dalam mempersiapkan pelaksanaan seleksi tersebut. Diakuinya, dari berbagai kabupaten/ kota yang ditinjaunya, Westerling mengakui, kesiapan Pemkab Tobasa melalui Badan Kepegawaian Daerah Tobasa patut diacungi jempol.

“Hasil pengamatan kami, Pemkab Tobasa melalui BKD dan Panselda benar-benar memberikan perhatian yang menyeluruh untuk memberikan pelayanan prima kepada peserta ujian, karena itu kami sangat salut dengan upaya dan kesiapan yang dilakukan”, kata Siregar.

_MG_8660Dikatakannya, dari penyediaan tempat lokasi ujian yang cukup nyaman, didukung dengan fasilitas CCTV sebanyak 7 unit, 1 unit genset dan monitor pengumuman hasil ujian yang langsung dapat dilihat diluar ruangan ujian oleh masyarakat yang hadir, Kabupaten Tobasa merupakan satu-satunya kabupaten/ kota yang menyelenggarakan ujian dengan fasilitas sedemikian lengkap.

Ditambahkannya, untuk Test Kompetensi Dasar ini, akan berlangsung selama 90 menit dan terdiri dari 100 soal, meliputi Test Wawasan Kebangsaan (TWK), Test Intelegensia Umum (TIU) dan Test Karakteristik Pribadi (TKP). Untuk mencapai “passing grade” yang ditentukan Panitia Seleksi Nasional, katanya, peserta harus mencapai skor 70 untuk TWK, 75 untuk TIU dan 126 untuk TKP.

Sekdakab Tobasa, Audi Murphy O Sitorus selaku Ketua Panitia seleksi menyebutkan, TKD akan dilangsungkan selama 8 hari, yakni mulai 24 s/d 29 Nopember 2014, dan 01 s/d 02 Desember 2014. Setiap hari akan dilakukan 5 kali gelombang seleksi, kecuali hari pertama hanya 4 gelombang, dengan rata-rata peserta ujian sejumlah 160 orang. Terkait, soal ujian pada server, Audi Murphy menyebutkan, Panitia Seleksi Nasional telah mempersiapkan dan bertanggung jawab untuk soal tersebut, untuk selanjutnya diinstal ke server oleh tim Badan Kepegawaian Negara.

_MG_8577Hari pertama pelaksanaan ujian ini, Kepala BKD Tobasa Kasten Panjaitan menyampaikan, dari 4 gelombang ujian yang dilaksanakan dengan alokasi peserta sebanyak 160, sebanyak 28 orang tidak hadir mengikuti ujian. “Dengan sendirinya, peserta tersebut dinyatakan gugur haknya untuk mengikuti ujian”, ujar Kasten.

Sementara, dari data yang diperoleh, dari 4 gelombang ujian yang dilaksanakan pada hari pertama, dengan jumlah peserta ujian sebanyak 612 orang yang hadir, sebanyak 109 orang peserta ujian lolos memenuhi passing grade TKD. Para peserta yang lolos passing grade akan melanjutkan Test Kompetensi Bidang (TKB) pada jadwal yang akan ditentukan berikutnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s