PERAYAAN HARI GURU DAN HUT PGRI KE 69 TINGKAT KABUPATEN TOBASA DIWARNAI PENYERAHAN BERBAGAI PENGHARGAAN

IMG_8928Upacara Peringatan Hari Guru dan Perayaan HUT PGRI ke 69 tingkat Kabupaten Toba Samosir, yang dilaksanakan di Lapangan Sisingamangaraja XII, Balige, Selasa (25/11), dipimpin langsung Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak bertindak sebagai pembina upacara.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Tobasa Sahat Panjaitan, Kapolres Tobasa AKBP Budi Hariyanto, Ketua PN Balige T Marbun, Kadis Pendidikan Lalo H Simanjuntak, mewakili Dewan Pendidikan Abdi PH Saragi, pimpinan BUMN/BUMD, para pejabat, para guru, pengawas sekolah di lingkungan Pemkab Tobasa.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Dasar dan Menengah Anies Baswedan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyebutkan, bahwa persiapan masa depan bangsa dan negara Indonesia, dititipkan pada ibu dan bapak guru. Dikatakan, menjadi guru bukanlah pengorbanan, menjadi guru adalah sebuah kehormatan. Karena itu, Menteri menyampaikan rasa hormat dan bangga atas pengabdian bapak dan ibu guru, dengan memilih jalan terhormat menjadi seorang guru.

IMG_8854Diakuinya, masih banyak tanggung jawab pemerintah pada guru yang belum tuntas, yang berakibat guru belum mendapat tempat sebagaimana seharusnya, dan ini telah menjadi pekerjaan rumah pemerintah. Namun demikian, katanya, dibalik semua permasalahan yang ada, pendidikan harus tetap berjalan dengan baik. Di pundak guru, pendidik dan tenaga kependidikan ada wajah masa depan kita.

Disamping diisi dengan pembacaan Ikrar Guru dan alunan paduan suara yang melantunkan lagu Hymne Guru, Terima Kasih Guruku dan Syukur, juga dimeriahkan pameran media-media pembelajaran dan hasil karya siswa SD/MI dan SMP/MTs mitra USAID Prioritas kerjasama dengan Dinas Pendidikan Tobasa.

IMG_8862Perayaaan yang mengangkat tema “Penguatan Implementasi Kurikulum 2013, melalui Penegakan Kode Etik Guru, untuk mendukung Revolusi Mental bangsa”, juga diwarnai dengan penyerahaan berbagai penghargaan kepada para guru-guru berprestasi pada berbagai kegiatan yang digelar sebelumnya, yang diserahkan langsung oleh Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Ketua TP PKK Ny Netty Pandapotan br Pardosi,  anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, anggota Dewan Pendidikan dan undangan lainnya.

Adapun para guru berprestasi yang mendapat penghargaan tersebut, yakni, untuk Olimpiade Guru Matematika SMA/SMK dimenangkan Bantu Ginting, SPd guru SMAN 1 Silaen, pemenang Olimpiade Guru Fisika SMA/SMK diraih Muhammad Ruslanudin, guru SMA Swasta Unggul Del, pemenang Guru Berprestasi SD/MI diraih Gomos Panjaitan, guru SDN 173628 Saroha, pemenang Guru Berprestasi SMP/MTs diraih Dewi Simangunsong, guru SMPN 1 Laguboti dan pemenang Guru Berprestasi SMA/SMK diraih Lasrin Leonardus Situmorang, guru SMAN 1 Uluan.

IMG_8949Kemudian, Aldon Samosir, Kasek SMAN 2 Balige sebagai pemenang Kepala SMA/SMK berprestasi, Bonar Maruli Haloho, Kasek SMPN 1 Lagugoti sebagai Kepala SMP/MTs berprestasi dan Nurnilam Simbolon, Kasek SDN  173524 Balige, sebagai Kepala SD/MI berprestasi. Untuk Pengawas SMA/SMK berprestasi diraih Hasioholan Siagian,  pengawas SMP/MTs berprestasi diraih Firman Sinurat dan pengawas SD/MI berprestasi diraih Ruslan Sitorus.

Untuk lomba kegiatan seleksi calon kepala sekolah, kategori calon kepala sekolah SMA/SMK dimenangkan Freddy Dolok Saribu, guru SMAN 1 Siantar Narumonda,  kategori calon kepala sekolah SMP/MTs dimenangkan Domen Sitanggang, guru SMPN 4 Balige dan kategori calon kepala sekolah SD/MI diraih Meriani Sitinjak, guru SDN 173689 Sigumpar.

Disamping lomba dan kegiatan tersebut, juga dilakukan lomba sekolah berwawasan lingkungan tingkat Kabupaten Tobasa. SDN 173524 Kecamatan Balige berhasil memenangkan sekolah berwawasan lingkungan tingkat SD/MI, kemudian SMP Sw Bona Pasogit Sejahtera sebagai juara untuk tingkat SMP/MTs dan SMAN 1 Habinsaran untuk tingkat SMA/SMK.

LOMBA PADUAN SUARA MERIAHKAN HUT PGRI

Sehari sebelumnya, Senin (24/11), bertempat di Aula Serbaguna HKBP, Balige, digelar Lomba Paduan Suara yang diikuti 16 kelompok paduan suara PGRI dari 16 kecamatan di Tobasa, untuk memeriahkan Perayaan HUT PGRI ke-69 tingkat Kabupaten Tobasa.

_MG_8728Sembari mengucapkan Selamat Ulang Tahun PGRI, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengapresiasi dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Diharapkannya, ajang tersebut bukan hanya lomba semata, namun akan dapat meningkatkan rasa cinta dan persaudaraan yang semakin erat antar sesama guru. Hal ini, katanya, akan mendorong terciptanya, suasana kondusif dalam menjalankan tugas-tugas pendidik di lingkungan kerja masing-masing.

Kasmin menambahkan, kita semua mencintai para guru dan profesi guru. Untuk itu, patut dan pantas berterima kasih kepada guru atas segala pengabdian, yang akan menghantarkan anak didik menapaki masa depan yang lebih cerah.

Melihat antuasiasme para guru-guru peserta lomba tersebut, secara spontan, Bupati Kasmin Simanjuntak juga memberikan dana pembinaan sebesar dua juga rupah, langsung dari kocek pribadinya,kepada seluruh  kelompok peserta yang bertanding.

Ketua PGRI Kabupaten Tobasa, Lalo H Simanjuntak, mengatakan, walaupun secara sederhana, pelaksanaan lomba paduan suara tersebut, merupakan wujud rasa suka cita sebagai guru, dan dimanfaatkan sebagi wadah dalam memperteguh rasa persaudaraan dan solidaritas.

Ditambahkan, pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya bersama dari seluruh anggota PGRI Tobasa, didukung para donator yang tidak mengingat. Sebagai hadiah, kepada para pemenang, akan diberikan dana pembinaan, piala tetap dan piagam penghargaan.

Setelah menuntaskan penampilan seluruh peserta dengan lagu wajib “Anak hon hi do hamoraon di au”, dengan lagu pilihan “Taradigadingdang”, “Opio” dan “Marsipature Hutana be”, Kelompok Paduan Suara PGRI Kecamatan Balige berhasil menggondol Juara Pertama. Disusul Paduan Suara PGRI Kecamatan Laguboti dan Kecamatan Porsea sebagai Juara Kedua dan Ketiga.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s