HINGGA HARI KETIGA PELAKSANAN SELEKSI CPNS PELAMAR UMUM LANCAR

TINGKAT KELOLOSAN MEMENUHI PASSING GRADE RELATIF RENDAH

IMG_20141127_080331Hingga hari ketiga pelaksanaan seleksi CPNS formasi pelamar umum di lingkungan Pemkab Toba Samosir (Tobasa) berlangsung cukup lancar, aman dan kondusif. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kasten Panjaitan yang juga sekretaris panitia, Rabu (26/11) di lokasi ujian di Aula SMKN 1 Balige, menyebutkan, secara maksimal pihaknya berupaya memberikan pelayanan yang maksimal bagi seluruh peserta ujian.

“Sesuai tugas pokok dan fungsi, dan sesuai arahan pimpinan, secara maksimal kita berupaya mensukseskan seleksi ini”, beber Kasten.

Diterangkan, hingga hari ketiga, pihaknya telah menyelenggarakan 14 gelombang ujian sistem CAT, dengan jumlah rata-rata peserta setiap gelombang 160 orang. Namun, katanya, sesuai daftar hadir yang ada, tercatat 124 peserta ujian tidak hadir mengikuti seleksi. “Dengan tidak hadir sesuai jadwal ujian, peserta kita nyatakan gugur”, ujar mantan Kadisnakertrans Tobasa ini.

Ditambahkan, selama ujian, pihaknya juga didukung dan difasilitasi Tim dari Badan Kepegawaian Negara Kantor Regional VI Medan. “Ada 4 orang anggota tim BKN yang ditugaskan mengawasi seleksi ini, Mereka juga bertanggung jawab untuk server soal”, terangnya. Keempat anggota tim tersebut, Pahala Togatorop, Dama Putra Karo-Karo, Agus Salim dan Irma Suryani.

Hasil amatan, para peserta ujian dengan tertib mengikuti proses registrasi dengan memperlihatkan Kartu Ujian dan KTP asli. Kemudian mengikuti instruksi panitia, para peserta mengikuti sosialisasi teknis ujian, sebelum akhirnya mengikuti ujian.

Untuk hasil ujian, tingkat kelolosan peserta mencapai passing grade relatif rendah. Karena dari sekitar 160 peserta ujian setiap gelombang, sesuai amatan, rata-rata jumlah peserta yang mencapai passing grade di kisaran 20 peserta.Test Kompetensi Dasar ini, akan berlangsung selama 90 menit dan terdiri dari 100 soal, meliputi Test Wawasan Kebangsaan (TWK), Test Intelegensia Umum (TIU) dan Test Karakteristik Pribadi (TKP). Untuk mencapai “passing grade” yang ditentukan Panitia Seleksi Nasional, katanya, peserta harus mencapai skor 70 untuk TWK, 75 untuk TIU dan 126 untuk TKP.

Sebagaimana diketahui, seleksi Test Kompetensi Dasar akan dilangsungkan selama 8 hari, yakni mulai 24 s/d 29 Nopember 2011, dan 01 s/d 02 Desember 2014. Sesuai formasi, Pemkab Tobasa akan menjaring 159 CPNS untuk tenaga penidikan, kesehatan dan teknis.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

4 thoughts on “HINGGA HARI KETIGA PELAKSANAN SELEKSI CPNS PELAMAR UMUM LANCAR”

      1. Dear Humas Pemkab TOBA SAMOSIR

        Info hasil ujian CAT nya secara keseluruhan kapan di umumkan ya pak? jadi kita bisa tahu brp org yang lulus dan yang menjadi saingan dan juga nama nama peserta yang lulus?

        karena seperti berita di atas rata rata kelulusan sangat rendah, jadi kita pingin tahu peluang dan juga saingan.

        mohon di info pak. terimakasih

        Hadi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s