BUPATI KASMIN BANGGA TOBASA MEMILIKI DR DL SITORUS

“Bangun Jalan Berbiaya 11 M Dan Perkampungan Tradisional Sebagai Destinasi Wisata”

_MG_9228Kabupaten Tobasa saat memiliki putra-putra daerah yang sukses dan peduli dengan daerah itu. Seperti seorang DR Sutan Raja DL Sitorus dengan kepeduliannya, layaknyalah masyarakat di daerah itu bangga. Hal itu diungkapkan Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam acara peresmian nama jalan Talak Batu Raya di Kecamatan Silaen, Kamis (28/11).

“Begitu besar jasa-jasa dan pengabdian beliau (DR Sutan Raja DL Sitorus) untuk pembangunan dan kemajuan Bona Pasogit yang kita cintai ini, baik phisik maupun non phisik. Saya sendiri bangga,” tutur Bupati Kasmin dalam sambutannya.

Bentuk perhatian Bapak DR Sutan Raja DL Sitorus, lanjut Kasmin, kita ketahui di berbagai bidang, baik di bidang pemerintahan, pendidikan, keagamaan, kebudayaan, pariwisata, sosial budaya, olahraga dan bidang lainnya yang dapat memajukan Kabupaten Tobasa. Antara lain, mendirikan kantor Camat Silaen dan Kantor Camat Bonatua Lunasi, mendirikan sekolah yayasan Pembangunan Indonesia di Tambunan, membantu pendirian berbagai rumah ibadah dan rumah dinas pelayan gereja, mendirikan berbagai usaha untuk menampung tenaga kerja, mendirikan berbagai lokasi perumahan untuk ditempati masyarakat,” paparnya.

Selain itu, kata Kasmin, besok akan dilaksanakan syukuran atas selesainya dilaksanakan renovasi rumah keluarga PU Panakereng Sitorus di Lumban Pea. “Pemkab Tobasa akan menjadikan perkampungan yang akan diresmikan besok sebagai destinasi wisata. Hal ini akan menambah destinasi wisata di Tobasa,” terangnya.

_MG_9151Tentang peresmian nama jalan Talak Batu Raya katanya merupakan usulan dan aspirasi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat, kepala desa dan tokoh masyarakat telah mengusulkan nama Talak Batu Raya menjadi nama salah satu ruas jalan mulai dari persimpangan tiga Parsambilan Kecamatan Silaen sampai batas perkampungan talak batu desa Marbulangg Kecamatan Silaen.

Usulan dimaksud kemudian ditindaklanjuti dengan rekomendasi dari Camat Silaen yang disampaikan kepada Bupati Tobasa untuk dijadikan sebagai dasar dan persyaratan dalam membuat peraturan Bupati untuk penetapan nama jalan tersebut. Sebagaimana dituangkan dalam peraturan Bupati Tobasa Nomor 30 Tahun 2014 tentang pemberian nama jalan Talak Batu Raya pada salah satu ruas jalan di Kecamatan Silaen. “Pemkab tobasa mengucapkan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh komponen masyarakat yang telah mengusulkan aspirasi tersebut,” bebernya.

Kami berharap, pemberian nama jalan ini akan semakin memperlancar transportasi ditempat ini, kata Kasmin lagi. Dan hal itu sejalan dengan visi misi Kabupaten Tobasa untuk mewujudkan Kabupaten Tobasa menjadi Kabupaten yang penuh kasih, peduli dan bermartabat. Ucapan terimakasih setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada Bapak DR Sutan Raja DL Sitorus dan keluarga, karena atas prakarsanya, pemberian nama jalan ini dapat terwujud,” ungkapnya.

_MG_9165Dalam harapan yang lainnya, Kasmin menambahkan, agar DL Sitorus tetap berkenan memberikan perhatian dan dukungan bagi pembangunan di berbagai bidang di Tobasa ini. Dukungan dan perhatian bapak tetap kami perlukan didalam meningkatkan pelaksanaan pembangunan untuk mensejahtrakan masyarakata Tobasa. Kami juga tetap mendoakan Bapak dan keluarga agar senantiasa diberkati dan dilindungi tuhan dimanapun bapak berkarya untuk kepentingan Nusa dan Bangsa,” pintanya.

Sebagaimana pemaparan DR Sutan Raja DL Sitorus, pembangunan Jalan Talak Batu Raya itu menelan biaya sekitar 11 Miliar dan selesai dikerjakan selama 5 bulan. Disebutkannya, pembangunan jalan tersebut dimaksudkan sebagai sumbangsih akan kecintaan terhadap Bona Pasogit sehingga dapat lebih maju dan berkembang.

Acara itu pun dihadiri Gubernur Sumatera Utara yang diwakili Plt Sekdaprovsu Hasiholan Silaen, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Tobasa. Juga hadir para pejabat dari luar daerah, diantaranya beberapa Bupati/ Walikota dari kawasan Timur Indonesia Bupati Bone Bolango, Walikota Tomohon, Walikota Palu, Walikota Mobagu, Bupati Bolang Mongondouw, Wakil Bupati Humbahas, Bupati Taput, Walikota Siantar, Plt Bupati Tapteng, mewakili Bupati Labuhan Batu dan Labuhan Batu Selatan, Sekjen HKBP dan para pejabat dan undangan lainnya.

(ft/TT/humas)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s