HARI AIDS SE-DUNIA 01 DESEMBER DIPERINGATI DI TOBASA

_MG_9469Komite AIDS bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Toba Samosir peringati Hari AIDS Se-dunia yang jatuh pada tanggal 01 Desember dengan cara melakukan penyematan pita merah bagi setiap orang yang melintas di Bundaran Kota Balige, Senin (01/12) sekaligus membagikan brosur yang berisi pemahaman akan bahaya (AIDS) virus mematikan tersebut. Pita Merah yang disematkan kepada para pengguna jalan seperti pengendara sepeda motor, pengendara beca bermotor, supir angkutan umum/ truk, supir kendaraan pribadi dan para pejalan kaki yang sedang melintas, mengandung makna untuk menandakan dan mengingatkan akan bahaya penyebaran AIDS di sekitar kita.

Tanggal 01 Desember merupakan hari peringatan akan bahaya virus mematikan yang pertama kali diperkenalkan ke publik di tahun 1982. Virus yang kemudian dikenal dengan Human Immunodefiency Virus (HIV) yang berarti virus penurun kekebalan tubuh ini mampu menginfeksi tubuh manusia dan menjadi penyakit mematikan dengan sebutan AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome.

Untuk lebih memasyarakatkan sosialisasi akan bahaya virus mematikan ini Komite AIDS Toba Samosir juga melibatkan langsung para siswa/i SMA, Satpol PP, Petugas Kesehatan dari RSU HKBP Balige dan masyarakat untuk memberitahukan bahwa 01 Desember adalah Hari AIDS se-dunia.

_MG_9439HIV sendiri merupakan virus yang biasa menyerang pada primata di hutan Afrika layaknya manusia diserang virus flu, namun suatu kejadian menyebabkan virus tersebut berpindah ke manusia dan menyerang sel-sel kekebalan tubuh sehingga mengakibatkan tubuh rentan terhadap berbagai macam penyakit dan sering kali berujung pada kematian.

Dan melalui kegiatan ini Pemerintah Kabupaten Toba Samosir melalui Kabag Kesos Harapan Napitupulu menyebutkan masyarakat lebih memahami akan bahaya penyebaran virus HIV/AIDS. Tetapi kita jangan menghindari para penderita HIV/AIDS atau ODHA, tetapi jadilah mediator untuk memberikan pemahaman bahwa ODHA juga mempunyai hak untuk hidup normal, sebutnya.

“Utamakan Keluarga, Setia pada pasangan dan berperilaku seks secara Sehat”, beber Harapan dan berharap melalui peringatan Hari AIDS tanggal 01 Desember 2014 ini menjadi salah satu hari yang mengingatkan semua untuk tetap waspada terhadap HIV dan AIDS khususnya di Kabupaten Toba Samosir.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa/SS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s