PERINGATAN HMPI, PEMERINTAH DAN WARGA LAKUKAN GERAKAN TOBASA MENANAM

  • WABUP TOBASA TANAM POHON KE 2.118.116

_MG_9997Gerakan Toba Samosir (Tobasa) Menanam (GTM) dalam rangka Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional tingkat Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) Tahun 2014 dipusatkan di Pangkodian Desa Lintong Nihuta Kecamatan Tampahan, Kabupaten Tobasa, Jumat (5/12).

Peringatan HMPI ini ditandai dengan penyerahan bibit pohon secara simbolis oleh Wabup Tobasa Liberty Pasaribu kepada para tokoh masyarakat, TP-PKK, organisasi wanita seperti, Bhayangkari, Persit KCK, Dharma Yukti Karini, Dharma Wanita Persatuan, mewakili Insan Pers, dan BUMD/BUMN. Kemudian dilanjutkan dengan penanaman pohon oleh Wakil Bupati Tobasa Liberty Pasaribu bersama FKPD yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam sambutanya yang dibacakan Wabup Tobasa menyebutkan bahwa Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2014, bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan membudayakan menanam dan memelihara pohon bagi seluruh masyarakat Indonesia, dalam rangka membangun ekosistem hutan melalui rehabilitasi lahan.

_MG_0022Lebih lanjut, disebutkan, sesuai tema “Hutan Lestari Untuk Mendukung Kedaulatan Pangan, Air dan Energi Terbarukan”, diharapkan, dengan membangun ekosistem hutan akan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang baik, dan berkontribusi dalam mitigasi perubahan iklim.

Secara khusus, Wabup Liberty Pasaribu menghimbau, bahwa untuk pencapaian Gerakan Penanaman 1 milyar pohon, perlu dilakukan terobosan-terobosan percepatan penanaman pohon tersebut. Dia meminta, agar dipersiapkan peraturan bupati, yang mengatur percepatan penanaman, semisal dengan meminta setiap anak sekolah untuk menanam satu pohon.

Disamping gerakan menanam tersebut, katanya, perlu juga dipupuk dan digerakkan upaya memelihara dan menjaga pohon-pohon yang ditanam tersebut. “Menanam itu mudah, namun lebih penting lagi menjaga dan memelihara pohon-pohion tersebut, kata Liberty.

_MG_0005Sementara, Richard Simanjuntak, Ketua Panitia Gerakan Tobasa Menanam menyebutkan, sebagai bagian dari Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon di Tobasa, telah dilakukan penanaman sektor kehutanan sebanyak 840 ribu batang yang meliputi, Rebosisasi dan Pengkayaan Reboisasi di Ajibata, Parmaksian dan Nassau.

Untuk sektor kehutanan, juga telah dilakukan Hutan Rakyat di Lumban Julu dan Balige, Pengkayaan Tanaman bekerjasama dengan TNI di Balige, pengkayaan hutan rakyat di Borbor, Tampahan, Lumban Julu dan Silaen, pembagian bibit tanaman ke masyarakat, melalui kebun bibit rakyat di Lumban Julu, Parmaksian, Porsea, Balige, Siantar Narumonda, Laguboti, Borbor, Silaen dan Sigumpar, dan program SCBFWM.

Masih menurutnya, juga telah dilakukan penanaman sektor non kehutanan dan sektor industri. Keseluruhan jumlah pohon yang ditanam selama Tahun 2014, katanya, sejumlah 2.118.115 batan pohon. Untuk jenis pohon yang ditanam, seperti pinus, makadamia, durian, simartolu, sengon, jengkol, alpukat, petai, kemenyan, gaharu, andaliman, mahoni, dan palem putri.

KORPRI TOBASA TANAM POHON DI SIGUMPAR DAN ULUAN

Terpisah, untuk mendukung Gerakan Tobasa Menanam, Korps Pegawai Negeri Republik Indonesia, Kabupaten Tobasa, juga melakukan penanaman 2.000 batang pohon di lahan warga di Banua Huta Kecamatan Sigumpar dan di Lumban Binaga Kecamatan Uluan.

Hal ini disebutkan Plt. Ketua Korpri Tobasa, Wasir Simanjuntak, Jumat (05/12) di sela-sela peringatan HMPI di Pakkodian, Tampahan. Diterangkan, ini sebagai wujud kepedulian Korpri bagi pelestarian lingkungan di tengah-tengah masyarakat.

Penanaman pohon tersebut, katanya, juga merupakan bagian dari semangat untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat, mengingat tanaman yang ditanam merupakan tanaman buah seperti mangga dan durian. Untuk menjamin pemeliharaan tanam-tanaman tersebut, pihaknya telah meminta warga yang lahannya ditanam agar menjaga dan memelihara pohon tersebut hingga tumbuh dan berbuah sehingga benar-benar bermanfaat.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s