56 BPD SE KECAMATAN LUMBAN JULU DILANTIK DAN DIAMBIL SUMPAH

Photo 1 Pelantikan BPDBupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak melantik 56 orang Ketua dan anggota Badan Pertimbangan Desa (BPD) se Kecamatan Lumbanjulu. Pelantikan “Ketua dan Anggota Dewan Desa” ini dilaksanakan di Desa Aek Natolu Jaya, disaksikan Ketua TP PKK Ny Netty Pandapotan br Pardosi dan rombongan bupati, Rabu (10/12).

Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan tugas dan fungsi BPD bukan ringan. Oleh sebab itu setiap personil BPD harus memiliki semangat kerja yang tinggi dan meningkatkan pengetahuannya, sehingga BPD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan desa dalam melaksanakan fungsinya, yakni menetapkan Peraturan Desa (Perdes) bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Namun sebelum Perdes ditetapkan lanjut Bupati, BPD harus membahas rancangan peraturan desa dimaksud, dan setelah ditetapkan menjadi peraturan desa, BPD berkewajiban melaksanakan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan desa dan peraturan kepada desa.

“Jadi tugas dan fungsi BPD ini bukan hal ringan. Untuk itu tingkatkan pengetahuan dan etos kerja masing-masing, supaya penyelenggaraan pemerintahan desa semakin baik,” tegas Bupati.

Selain Ketua TP PKK Ny Netty Pandapotan br Pardosi, Sekda Drs Audi Murphy Sitorus dan pejabat Pemerintah Kabupaten Tobasa lainnya, diperkirakan seribuan masyarakat Kecamatan Lumban Julu juga hadir menyaksikan pelantikan itu.

Jepri Manurung, BPD Desa Aek Natolu Jaya, menanggapi hal itu, sangat mengapresiasi perhatian Bupati Kasmin Simanjuntak tersebut, karena dinilai sangat bermanfaat dalam mendorong percepatan pembangunan di wilayah itu. Diakuinya, kepedulian Bupati Kasmin patut diteladani dan dilanjutkan di masa-masa mendatang.

Jepri Manurung menguraikan, dalam mendukung pembangunan di Tobasa khususnya di wilayah Lumban Julu dibawah kepemimpinan Kasmin Simanjuntak, pihaknya telah menghibahkan lahan untuk dimanfaatkan dalam mendongkrak pembangunan.

Tercatat kata Jepri, beberapa areal yang dihibahkan, antara lain sekitar setengah hektar untuk lokasi pembangunan Puskesmas, sekitar 1 ha lokasi sekolah dasar, sekitar 2 ha lokasi pembangunan SMK, 2 rante pembangunan Kantor Kepala Desa dan 2 rante untuk lokasi pembangunan gedung PAUD.

“Ini semua dihibahkan sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap pembangunan Tobasa,” katanya.

Senada, tokoh masyarakat lainnya, WM Manurung mengatakan sangat bangga dan berterima kasih atas pembangunan yang dilaksanakan di wilayah itu. “Secara khusus di Desa Aek Natolu Jaya, kami bangga dengan Bupati Kasmin yang sudah 3 kali datang berkunjung ke daerah ini dan memberikan perhatian bagi warga kami,” ujar WM Manurung.

Ditambahkannya, pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah akan terus mereka dukung. Sementara terkait hasil-hasil pembangunan yang sudah ada katanya, akan dimanfaatkan dan dipelihara masyarakat. Karena menurutnya, pembangunan bukan semata tanggungjawab pemerintah, tapi juga tanggung jawab masyarakat. “Dalam mewujudkan pembangunan, pemerintah dan masyarakat harus dapat bersama-sama dan bergandengan tangan melaksanakan program-program pembangunan di wilayah ini,” pungkasnya.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s