BUPATI KASMIN SIMANJUNTAK MINTA LAYANAN UNTUK LANSIA DITINGKATKAN

  • 90 LANSIA TERIMA BANTUAN UEP

_MG_0304Salah satu bentuk pelayanan bagi warga lanjut usia (lansia) di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) dilakukan lewat Usaha Ekonomi Produktif (UEP), yang merupakan rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan usaha ekonomi, meningkatkan produktifitas kerja dan penghasilan secara perorangan.

Hal ini diungkapkan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Kamis (11/12) di Sanggar Kegiatan Belajar, Porsea, pada penyerahan bantuan peralatan pertanian UEP, bagi 90 (sembilan puluh) warga lanjut usia.

Para lansia yang berasal dari 9 kecamatan, yakni kecamatan Borbor, Nassau, Habinsaran, Pintu Pohan Meranti, Lumban Julu, Silaen, Siantar Narumonda, Uluan dan Tampahan, menerima bantuan berupa handsprayer, kereta sorong (beko), cangkul, arit, sekop dan garu.

_MG_0322Diterangkan, sesuai data Dinas Sosial Tahun 2013, jumlah lansia di Tobasa berjumlah 11.041 jiwa. Kondisi ini, kata Bupati Kasmin, berpengaruh pada pemenuhan hak-hak dasar lanjut usia, dan untuk menyikapi hal ini, lanjutnya, pihaknya berupaya pemberian pelayanan guna peningkatan kesejahteraan lanjut usia. “Program layanan bagi lansia secara khusus, akan lebih ditingkatkan lagi”, beber Kasmin.

Untuk itu, pihaknya melalui program pada Dinas Sosial,telah melaksanakan bantuan UEP sejak Tahun 2012. Untuk 2014, terangnya, bantuan serupa telah diberikan kepada 48 lansia dari Kecamatan Porsea, Laguboti dan Balige.

Untuk efektifinya bantuan tersebut, Bupati Kasmin menyebutkan, telah menginstruksikan kepada SKPD terkait dan camat untuk memonitoring pemanfaatan bantuan lansia tersebut, serta tak henti-henti memberikan kemudahan pelayanan bagi lansia.

_MG_0330Kadis Sosial Tobasa, TH Sitorus menambahkan, bantuan UEP lansia ini dimaksudkan untuk menggali dan mengembangkan kemampuan produktifitas kerja para lansia. Sasaran program tersebut, katanya, para lansia berusia 60 tahun ke atas, dengan kondisi kurang mampu tetapi secara fisik dan psikis masih potensial dan kreatif, dan memiliki keinginan memenuhi kebutuhan hidupnya hingga tingkat kesejahteraan lebih baik.

Disamping itu, kata Sitorus, bantuan untuk para lansia diharapkan akan memberikan ruang dalam mengekspresikan diri sehingga dapat hidup lebih sehat dan kreatif serta produktif dalam mengisi hidupnya sehari-hari.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s