LAKUKAN KUNKER DI KECAMATAN ULUAN, BUPATI PANDAPOTAN KASMIN SIMANJUNTAK DISAMBUT HANGAT

_MG_0452Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak melakukan kunjungan kerja di wilayah Kecamatan Uluan, Kamis (11/12). Dalam kunjungan kerjanya kali ini, Bupati Kasmin Simanjuntak melantik 50 orang ketua dan anggota BPD, dari Desa Sigaol Timur, Marom, Dolok Saribu Janji Matogu, Partoru Janji Matogu, Sigaol Barat, Parhabinsaran Janji Matogu, Lumban Binaga, Parik, Dolok Nagodang dan Parbagasan Janji Matogu.

Kepada para BPD yang dilantik, secara Bupati Kasmin Simanjuntak meminta agar lebih aktif dalam menyusun peraturan desa. Namun sebelum ditetapkan, Kasmin meminta agar terlebih dahulu dilakukan pembahasan dan sosialisasi. Dan setelah ditetapkan, katanya lagi, BPD berkewajiban melakukan pengawasan dalam pelaksanaan peraturan desa tersebut.

Dikatakan, hal ini menjadi sangat penting, mengingat rencana pemerintah kedepan akan memberikan dana transfer desa untuk dimanfaatkan dan dikelola. Maka, dengan adanya peraturan tersebut, aparat desa dapat lebih memahami dan memiliki aturan yang jelas dalam penggunaan alokasi anggaran tersebut sesuai amanat undang-undang.

_MG_0388Dalam kunjungannya ini, Bupati Kasmin Simanjuntak yang didampingi Sekdakab Audi Murphy Sitorus, Staf Ahli Bupati, Asisten dan Kabag Setdakab serta para pimpinan SKPD juga melakukan peresmian kegiatan fisik PNPM-MP, yang ditandai dengan pembubuhan tanda tangan pada prasasti kegiatan.

Camat Uluan, Robert Manurung menyebutkan, kegiatan fisik PNPM-MP TA 2014 yang diresmikan Bupati pada kesempatan tersebut, meliputi Pembangunan Saluran Irigasi sepanjang 1.040 meter, pembangunan Tembok Penahan Tanah sepanjang 1.330 meter, pembangunan 1 unit gedung PAUD dan pengaspalan jalan sepanjang 2.378 meter.

Kunjungan kerja yang dipusatkan di Desa Lumban Binanga ini, mendapat sambutan hangat dari seluruh lapisan masyarakat Uluan. Dalam beberapa kali kesempatan, Bupati Kasmin Simanjuntak berbaur dengan warga dalam suasana kekeluargaan.

BUPATI KASMIN SIMANJUNTAK, PEMIMPIN YANG MERAKYAT

Di sela-sela pelaksanaan kegiatan tersebut, salah seorang tokoh masyarakat Kecamatan Uluan, GB Manurung menyebutkan, dalam pengamatannya, Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak selama memimpin Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) 4 (empat) tahun terakhir ini, merupakan sosok pemimpin yang merakyat dan melayani warganya. Karena itu, menurutnya, Bupati Kasmin Simanjuntak patut mendapat kesempatan melanjutkan pembangunan di wilayah yang terdiri dari 16 kecamatan tersebut.

_MG_0396“Bupati Kasmin Simanjuntak sangat merakyat, dengan turun langsung di tengah-tengah warga dan memiliki etos kerja untuk melayani masyarakat”, kata GB Manurung di sela-sela kunjungan Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak di Kecamatan Uluan, Kamis (11/12) di Lumban Binanga, Uluan.

Lebih lanjut menurut GB Manurung, melihat geliat pembangunan di Kecamatan Uluan secara khusus, dia merasa bangga atas segala bentuk pembangunan yang telah dilaksanakan di wilayah yang saat ini dipimpin Camat Robert Manurung tersebut. “Kami sangat bangga melihat pesatnya pembangunan di wilayah ini, begitu banyak infrastruktur yang sudah dibenahi, seperti gedung sekolah, sarana kesehatan, irigasi pertanian dan lainnya”, beber GB Manurung.

Disamping itu, GB Manurung juga memberikan masukan, agar Bupati Kasmin juga memberikan perhatian khusus bagi warga Kecamatan Uluan yang mayoritas merupakan petani. Menurutnya, disamping pembangunan infrastruktur tersebut, pihaknya meminta Bupati Kasmin melanjutkan pembangunan di wilayah tersebut, dengan menitikberatkan pada pembangunan sektor pertanian. Diharapkannya, pemberian bantuan bibit tanaman dan obat-obatan pertanian bagi masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada sektor itu terus ditingkatkan.

Sementara, Kades Lumban Nabolon Lamhot Sitorus menyebutkan, sejak tahun 2010,tepatnya sejak Tobasa dipimpin Bupati Kasmin Simanjuntak, Desa Lumban Nabolon telah merasakan pembangunan dalam berbagai sektor, baik yang bersumber dari APBD dan APBN. Khusus untuk pembangunan melalui PNPM, Lamhot menyebutkan, desanya telah menikmati pembangunan kegiatan fisik hingga mencapai nilai 3 milyar.

Lamhot menambahkan, dia sangat bangga dan meneladani model kepemimpinan Bupati Kasmin Simanjuntak. Karena itu, dia berharap, kiranya Tuhan yang maha Kuasa memberkati dan memberikan kekuatan dan kesehatan kepada Bupati Kasmin untuk dapat melanjutkan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di masa-masa mendatang.

Hal senada juga disampaikan Poltak Sitorus, Kades Lumban Binanga. Menurutnya, perhatian dan kepedulian yang diperlihatkan Bupati Kasmin selama ini patut dibanggakan. Karena itu, dia berharap Tuhan Yang Maha Kuasa akan memberkati Bupati Kasmin menggerakkan roda pembangunan di Tobasa.

Bupati Kasmin Simanjuntak dalam kunjungan kerjanya kali ini, guna melantik dan mengambil sumpah 50 ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kecamatan Uluan dan meresmikan kegiatan fisik PNPM-MP.

_MG_0441Menanggapi besarnya dukungan yang disampaikan warga setempat kepadanya, Bupati menyambut baik dan mengatakan, apabila Tuhan berkehendak dan dirinya masih diinginkan dan didukung warga, dia akan berjuang terus untuk meningkatkan pembangunan di wilayah tersebut. “Tujuan saya menjadi Bupati adalah untuk mewujudkan pembangunan dan melayani warga”, pungkas Bupati Kasmin.

(Team/bs)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s