ANTISIPASI KELANGKAAN DAN LONJAKAN HARGA LPG, PEMKAB TOBASA GELAR OPERASI PASAR

IMG_20141214_123058Untuk mengantisipasi kelangkaan dan menjaga stabilitas harga LPG jelang hari besar keagamaan Natal dan jelang Tahun Baru, Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak instruksikan jajarannya Gelar Operasi Pasar. Dipimpin langsung Asisten Ekonomi Pembangunan Jhon Piter Silalahi dan didampingi Kabag Perekonomian Jose Rizal Pasaribu, Minggu (14/12), menggelar operasi pasar di beberapa lokasi di Kecamatan Balige, yakni di Desa Lumban Bulbul dan Hinalang.

Jhon Piter menyebutkan, operasi pasar yang digelar tersebut, untuk menjamin ketersediaan LPG bagi masyarakat, khususnya menjelang Harti Raya Natal. Juga lewat operasi pasar, katanya, stabilitas harga LPG di pasaran juga akan sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Dengan Operasi Pasar ini, kita mengantisipasi kelangkaan dan melonjaknya harga LPG, sesuai informasi yang belakangan ini berkembang di tengah-tengah warga”, ujar Jhon Piter di sela-sela berlangsungnya Operasi Pasar.

Sesuai dengan SK Bupati Tobasa Nomor 59/2012, mantan Kadis PU ini menerangkan,  HET LPG 3kg telah ditetapkan sebesar Rp. 16.000. Namun khusus untuk wilayah Kecamatan Habinsaran, Borbor, Nassau dan Pintu Pohan Meranti, ditetapkan sebesar Rp. 17.000, dengan pertimbangan jarak lokasi yang relatih jauh.

Lanjutnya, dengan telah ditetapkannya HET tersebut, maka seharusnya tidak ada lagi permainan harga oleh para penjual. Karena itu, pihaknya berupaya agar HET tersebut dapat benar-benar menjadi harga pasar, sehingga tidak memberatkan masyarakat, terutama ibu-ibu rumah tangga ataupun masyarakat ekonomi lemah.

Salah seorang ibu rumah tangga, M br Simangunsong (45), mengaku senang dan menyambut baik operasi pasar di daerah tersebut. Menurutnya, bagi ibu-ibu rumah tangga yang sehari menggunakan LPG untuk memasak, kelangkaan dan kenaikan harga oleh para pengecer sangat memberatkan ekonomi rumah tangga.

“Disini harga LPG 3 kg, sempat mencapai Rp. 25.000, sangat mahal. Kami harap operasi pasar ini sesering mungkin dilakukan, agar tidak ada lagi permainan harga”, ujar ibu tiga anak ini.

Kabag Perekonomian Jose Rizal Pasaribu yang didampingi Kasubbag Indagparseni, Tumpal Panjaitan menerangkan, untuk tahapan saat ini, operasi pasar untuk wilayah Kecamatan Balige, Tampahan dan Ajibata akan digelar selama 5 (lima) hari.

Diuraikannya, jadwal operasi pasar bersama agen LPG di wilayah tersebut, dilakukan pada 14 Desember 2014 di Desa Lumban Bulbul dan Hinalang, di wilayah Kecamatan Ajibata pada 16 Desember 2014, di Desa Hutagaol Peatalun dan Hutabulu Mejan pada 17 Desember 2014 mendatang.

Kemudian dilanjutkan pada 19 Desember 2014 di wilayah Kecamatan Tampahan, dan di Desa Sianipar Sihail-hail dan Desa Lumban Silintong pada 20 Desember 2014. Selanjutnya, bersama agen lainnya, katanya, kegiatan serupa akan digelar

Tumpal menambahkan, operasi pasar ini, juga akan digelar di seluruh kecamatan di wilayah Tobasa bekerjasama dengan agen yang membawahi wilayah-wilayah tersebut.Seperti di wilayah Kecamatan Silaen, Sigumpar dan Porsea pada 15 dan 16 Desember 2014, dilanjutkan di Bonatua Lunasi, Lumban Julu, Siantar Narumonda dan Uluan pada 18 dan 19 Desember 2014. Sedangkan untuk wilayah Parmaksian dan Pintu Pohan Meranti akan digelar pada 21 Sepetember 2014.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s