Berita Terbaru

16 KELOMPOK KARANG TARUNA BINAAN TERIMA BANTUAN

  • BUPATI KASMIN MINTA KARANG TARUNA BERPERAN SEBAGAI PELAKU PEMBANGUNAN

_MG_0869Untuk peningkatan kwalitas dan kesejahteraan sosial sumber daya manusia, Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak menyebutkan, salah satunya dapat dilakukan dengan pemberdayaan karang taruna. Menurutnya, peran Karang Taruna sebagai mitra pemerintah sangat penting, karena itu dia berharap, Karang Taruna dapat menjadi subjek khususnya dalam penanganan permasalahan sosial di tengah tengah masyarakat.

“Karang Taruna sangat strategis untuk menggerakkan pembangunan dan menanggulangi masalah kesejahteraan sosial”, ujar Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak, saat menyerahkan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP), bagi 16 kelompok Karang Taruna desa, yang dibina Karang Taruna kecamatan, di Sanggar Kegiatan Belajar Porsea, Senin (15/12).

_MG_0873Ditambahkannya, Karang taruna memiliki tugas pokok, secara bersama-sama pemerintah dan masyarakat lainnya, khususnya dalam menyelenggarakan pembinaan generasi muda. Karena itu, untuk efektifitas peranan tersebut, Bupati Kasmin Simanjuntak menginstruksikan para camat dan kepala desa serta pihak terkait lainnya, untuk melakukan pembinaan secara terencana dalam berbagai kegiatan di tingkat kecamatan, desa atau kelurahan.

Bupati Kasmin juga berpesan, agar bantuan yang diserahkan tersebut, dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dalam menggerakkan Usaha Ekonomi Produktif. Dia berjanji, program tersebut akan dilanjutkan secara bertahap. Karena itu,dia meminta karang taruna menjadi pelaku pembangunan di Kabupaten Tobasa.

Kadis Sosial TH Sitorus menyebutkan, pemberian bantuan bagi 16 kelompok karang taruna dari 16 kecamatan di Tobasa, merupakan program kerja satuan kerja yang dipimpinnya lewat Program Pemberdayaan Kelembagaan Kesejahteraan Sosial dan Kegiatan Peningkatan Kwalitas SDM melalui Usaha Ekonomi Produktif.

_MG_0889TH Sitorus berharap, bantuan tersebut akan bermanfaat dalam memfasilitasi dan memotivasi pengembangan inovasi para anggota karang taruna untuk berwira usaha produktif. Bantuan tersebut katanya, juga bertujuan mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi karang taruna sebagai mitra pemerintah untuk berkarya dalam pembangunan.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Tobasa, Maruli Simanjuntak, sangat menyambut baik dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepedulian Pemkab Tobasa, khususnya Bupati Kasmin Simanjuntak dalam pengembangan dan peningkatan kapasitas anggota karang taruna.”Terima kasih atas perhatian Bapak Bupati Kasmin, yang telah memberikan perhatian guna kelangsungan dan eksistensi karang taruna di daerah ini”, kata Maruli.

Senada, mewakii kelompok karang taruna, Ketua Karang Taruna Lintong dari Kecamatan Borbor, berharap peran dan program yang telah dicanangkan Bupati Kasmin Simanjuntak, khususnya dalam membina karang taruna dapat dilanjutkan dan ditingkatkan di waktu mendatang.

Adapun bantuan yang diserahkan, kata Sitorus meliputi mesin babat sebanyak 16 unit, cangkul sebanyak 80 buah, garu sebanyak 80 buah, bibit jagung 80 kg dan kaus sebanyak 384 potong. Sedangkan, karang taruna penerima bantuan tersebut, yakni Karang Taruna Hutabulu Mejan, Tarabunga, Sitingkola, Sigumpar Julu, Narumonda VIII, Raut Bosi, Harungguan, Bius Gu Barat, Sigodang Tua, Janji Matogu, Lintong Julu, Sirungkungon, Pintu Pohan Meranti, Lumban Ruhap, Lintong dan Lumban Rau Utara.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s