30 ANGGOTA DPRD TOBASA PERIODE 2014-2019 RESMI DILANTIK

_MG_1452(1)Melalui Rapat Paripurna Istimewa DPRD Toba Samosir (Tobasa), Ketua Pengadilan Negeri Balige T Marbun SH MH, akhirnya secara resmi melantik dan mengambil sumpah Tiga puluh anggota DPRD Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) periode 2014-2019, Selasa (16/12) di Gedung DPRD Tobasa di Balige. Pengambilan sumpah dan janji tersebut, merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Gubernur Sumatera Utara No. 188.44/1040/KPTS/Tahun 2014, tertanggal 12 Desember 2014 tentang Pengangkatan Anggota DPRD Tobasa Masa Jabatan 2014-2019.

Sebelumnya, Rapat Paripurna tersebut dibuka oleh Ketua DPRD Tobasa periode 2009-2014 Sahat Panjaitan didamping wakil Ketua Jojor Tambunan dan Rahmat Kurniawan Manullang. Rapat ini juga dihadiri Bupati Tobasa Pandapotan Kasmin Simanjuntak, Wakil Bupati Liberty Pasaribu SH MSi, Kapolres Budi Hariyanto, Dandim diwakili Mayor A. Sidauruk, Kajari Balige Andre Abraham Aruan, dan Sekdakab Audi Murphy Sitorus. Hadir juga para Pimpinan SKPD, Ketua-ketua Partai Politik, pihak keluarga anggota DPRD terlantik dan para undangan lainnya.

_MG_1425(1)Setelah sidang dibuka resmi, ke 30 anggota DPRD diundang ke depan. Lalu diambil sumpah dan janji oleh Ketua Pengadilan Negeri Balige T Marbun SH MH. Selanjutnya, atas nama Gubernur, Ketua PN menandatangani berita acara pelantikan dan menyematkan pin DPRD secara simbolik kepada salah satu anggota DPRD yang baru yakni Drs Sahala Tampubulon. Kemudian mempersilahkan ke 30 anggota DPRD yang baru dilantik untuk duduk di kursi anggota dewan yang sebelumnya telah disiapkan.

_MG_1402Ke 30 anggota DPRD yang dilantik, dengan komposisi 8 orang dari Partai Demokrat, yakni Netti br Pardosi, Edward HM Simanjuntak SH, Tua Parasian Silaen SE, Ir Boike Pasaribu, Bobby Simanjuntak, Rahmat K Manullang ST, Hisar Hutagaol, dan Walmen Butarbutar. Kemudian, 4 orang dari Partai Hanura, yakni Pagar Tua Siahaan, Syamsudin Manurung, Alo Sianipar SH, dan Wilson Pangaribuan BE ST MM. Dari Partai Golkar sebanyak 4 orang yakni, Drs Sahala Tampubolon, Tomson Manurung ST, Efendi S.P Napitupulu SE, dan Tohonan Siagian.

Dari Partai Gerindra sebanyak 4 orang, yakni Binner Tambunan SH, Ramli Aruan, Winner Sinambela SH, dan Asmadi Lubis SH MKn. Selanjutnya Partai Nasdem juga menempatkan 4 orang anggotanya, yaitu Tonny M Simanjuntak SE, Boy Antoni Simangunsong SE, Afron Sirait S.Si, dan Resman Marpaung SE. Kemudian, 3 orang dari Partai PKPI, yakni Bulan Siahaan S.Sos, Hendra Silaen, dan Usden Sianipar ST. Sementara PDI-P menempatkan 2 orang, yakni Rustam Silalahi, Fauzi S.G Sirait. Dan kursi berikutnya diraih Partai Kebangkian Bangsa atas nama St Sabaruddin Tambunan A.Md.

_MG_1447Usai pelantikan, 2 dari antara 30 anggota DPRD yang baru dilantik, yakni Boyke Pasaribu dan Asmadi Lubis kembali diundang ke depan. Mereka diundang sebagai Ketua dan Wakil Ketua DPRD sementara. Kemudian dilakukan acara serah terima palu dan buku memori jabatan DPRD dari Ketua DPRD periode 2009-2014 Sahat Panjaitan didampingi Wakil Ketua Jojor Tambunan kepada Boyke Pasaribu didampingi Asmadi Lubis.

Setelah itu, Boyke Pasaribu dan Asmadi Lubis dipersilahkan mengambil posisi menduduki kursi pimpinan untuk melanjutkan sidang hingga selesai.

_MG_1472Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam sambutannya mengatakan, pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD periode 2014-2019 adalah merupakan bukti bahwa masyarakat Tobasa telah berhasil melaksanakan proses demokrasi sesuai harapan. Katanya itu patut dibanggakan, apalagi mengingat KPU Tobasa telah mencatat prestasi sebagai penyelenggara pemilu, dengan akses terbaik ditingkat Provinsi Sumatera Utara.

Diterangkannya, jumlah anggota DPRD Tobasa yang terpilih pada pemilu 9 April 2014, sebanyak 30 orang, dari 5 Daerah Pemilihan. Ketika itu katanya pemilu berlangsung sukses, dan pada saat itu masyarakat Tobasa telah membuktikan diri selangkah lebih maju dalam berpolitik secara dewasa dan beretika. “Ini harus kita pertahankan, kedepan”, katanya.

Bupati Kasmin juga mengapresiasi anggota DPRD Tobasa periode 2009-2014. Katanya, Dharma Bhakti anggota DPRD periode 2009-2014 akan senantiasa dikenang masyarakat. Sementara untuk anggota DPRD yang baru, diharapkannya dapat tetap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Tobasa demi kelanjutan pembangunan daerah itu kearah yang lebih baik.

“Kedepan kami berharap, kerjasama yang baik antara eksekutif dan legislatif berkelanjutan,” tandas Bupati Kasmin.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

_MG_1427_MG_1409

2 thoughts on “30 ANGGOTA DPRD TOBASA PERIODE 2014-2019 RESMI DILANTIK”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s