DINILAI BERHASIL, BUPATI KASMIN DIMINTA MELANJUTKAN PEMBANGUNAN TOBASA

  • KASMIN SIMANJUNTAK: “APABILA MASYARAKAT MASIH MENGHENDAKI, AKAN SAYA PERTIMBANGKAN”

partoruanlobu3Sekitar seribuan warga desa dan perangkat Desa Partoruan Lumban Lobu, Kecamatan Bonatua Lunasi menyambut dengan antusias Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang melakukan kunjungan kerja di wilayah tersebut, Rabu (17/12).

Antusiasme warga ini menurut Kades Partoruan Lumban Lobu, Janso Butar-Butar, merupakan bukti besarnya harapan dan keinginan warga, agar Bupati Kasmin Simanjuntak dapat melanjutkan pembangunan yang sudah dicanangkannya selama ini. Diterangkan Janso, Desa Partoruan Lumban Lobu merupakan desa yang masih relatif baru dimekarkan, namun geliat pembangunan di desanya sudah sangat berkembang. “Kami sudah menikmati hasil pembangunan yang dicanangkan Pak Bupati”, katanya.

partoruanlobu4Diakuinya, di era kepemimpinan Bupati Kasmin Simanjuntak, desanya telah menikmati beberapa pembangunan infrastruktur yang didanai APBD, seperti di Dusun Panggarukan yang sudah menikmati fasilitas penerangan listrik. Kemudian di Dusun 3 sudah dibangun jembatan, sehingga jalur transportasi semakin baik untuk mengangkut hasil produksi pertanian warga. Disamping itu, lanjutnya, desanya juga sudah membangun irigasi lewat program PNPM.

Kepala desa lainnya, Antoni Sitorus, Kades Lumban Sangkalan, juga menguraikan pelaksanaan pembangunan di daerahnya. Saat ini, kata Antoni, atas kepemimpinan Bupati Kasmin, jalan desa di desa yang dipimpinnya, telah mendapat pengaspalan hingga mencapai 90 persen, yang meningkat dengan signifikan.

Senada, tokoh masyarakat setempat, Thomas Butar-Butar mengatakan, Bupati Kasmin Simanjuntak sudah berhasil membangun Tobasa, khususnya di wilayah Bonatua Lunasi. Karena itu, dia berharap, Bupati Kasmin mau melanjutkan pembangunan tersebut di masa berikutnya. Harus diakui, katanya, tingkat kepuasan masyarakat atas keberhasilan pembangunan tersebut itu relatif.

partoruanlobu2Hal serupa juga disampaikan Poltak Sirait, BPD Desa Sibadihon. Menurutnya, selaku warga dan aparat desa, dia cukup bangga dengan gaya kepemimpinan Bupati Kasmin yang “blusukan” mengunjungi warganya. Katanya, gaya pemimpin yang demikian masih dibutuhkan untuk memimpin Tobasa di masa mendatang.

Menanggapi derasnya dukungan masyarakat yang mengalir kepadanya, Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan, apabila masyarakat meminta dan masih menghendakinya melanjutkan pembangunan di Tobasa, dia akan mempertimbangkannya. “Saya menjadi Bupati untuk membangun Tobasa, karena itu, apabila masyarakat masih memberikan kepercayaan, saya selalu berikan yang terbaik”, kata Kasmin.

Kunjungan kerja Bupati Kasmin Simanjuntak dan rombongan di wilayah tersebut, selain untuk menampung aspirasi warga setempat, Bupati Kasmin juga melantik ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sihiong dan Sibadihon. Bupati juga meresmikan kegiatan fisik PNPM-MP, yang ditandai dengan penandatanganan prasasti kegiatan fisik tersebut.

Sementara, untuk BPD Desa Sihiong yang dilantik, yakni Bisman Sirait (Ketua), Jintan Sitorus, Ritchy Butar-Butar, Pahotan Butar-Butar dan Masnasari Siregar. Sementara BPD Desa Sibadihon yang dilantik, yaitu Poltak Sirait (Ketua), Rolanson Sitorus, Juniar Sitorus, Bernhard Sitorus dan Sahata Sirait.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s