BUPATI TOBASA LANTIK PENGURUS KWARCAB, PUSDIKLAT DAN GUGUS DEPAN GERAKAN PRAMUKA

IMG_2061Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak yang juga Ketua Majelis Pemimbing Cabang Gerakan Pramuka Toba Samosir (Tobasa) melantik Pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Tobasa Masa Bakti 2014-2018, di aula Kantor Bupati, Kamis (18/12). Pelantikan yang ditandai penandatanganan ikrar dan penyematan tanda jabatan ini merupakan tindaklanjut dari Keputusan Bupati Tobasa Nomor 169 Tahun 2014.

Mereka yang dilantik antara lain Ketua, Kepala Kepolisian Resor Tobasa AKBP Budi Harianto S.IK M.Si, Sekretaris, Drs Albert Sidabutar dan Bendahara, Harianto Butarbutar SE serta pengurus lainnya.

Namun sebelum itu, Bupati Pandapotan Kasmin terlebih dahulu mengajukan pertanyaan kepada pengurus tentang kesediaannya mengemban tugas, mengucapkan satria pramuka dan ikrar. Setelah itu baru dilakukan penandatanganan ikrar oleh Ketua yang baru terlantik, Kapolres Tobasa AKBP Budi Harianto S.IK M.Si.

IMG_2091Usai pelantikan Pengurus Kwarcab, Ketua Kwarcab AKBP Budi Harianto melantik Pengurus Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Kwarcab Gerakan Pramuka Tobasa dan Pengurus gugus depan Gerakan Pramuka Kwarcab Tobasa. Mereka diantaranya, Pengurus Pusdiklat, Kepala, Dra. Risma H B Napitupulu M.Pd, Sekretaris Supriyadi S.Pd dan pengurus lainnya. Sementara Pengurus gugus depan, umumnya ada guru, sebanyak 42 orang berasal dari 22 SD/MI dan 20 SMP. Proses pelantikan pengurus pusdiklat dan gugus depan ini hampir sama dengan pelantikan Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Tobasa masa bakti 2014-2018.

Selesai acara pelantikan, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Tobasa AKBP Budi Harianto S.IK M.Si meminta seluruh kakak-kakak pengurus yang baru dilantik bekerjasama dengan baik dan kompak, supaya harapan dari banyak pihak atas hidup dan berkembangnya gerakan pramuka di Tobasa dapat terwujud.

Hal itu disampaikannya karena pihaknya telah menjadi satu wadah di kwarcab gerakan pramuka dan satu tujuan membentuk setiap individu pramuka yang memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, beraklak mulia, berjiwa patriotisme, taat hukum, disiplin, menjungjung tinggi nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup serta sehat jasmani dan rohami.

“Untuk itu, saya minta kakak-kakak yang baru dilantik agar memberi perhatian penuh terhadap tugas dan tanggungjawab masing-masing sesuai janji yang telah diucapkan. Kita harus menggelorakan gerakan pramuka di Tobasa. Tetapi supaya lebih cepat semua pihak harus memberi perhatian serius, termasuk para kepala SKDP dan Camat supaya bekerjasama dengan para Kapolsek,” pintanya.

Photo 2 PramukaBupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak mengatakan, Gerakan Muda yang suka berkarya atau disebut Praja Muda Karana, disingkat Pramuka adalah suatu organisasi pemuda yang sudah mendunia. Disebut mendunia karena semua negara telah menyakini dan merasakan hasil pembinaan yang dilakukan pendiri pramuka yaitu Bapak Bouden Powel dari Inggris.

Untuk itu, di Kabupaten Tobasa, organisasi ini diharapkan bisa maju dan berkembang sejalan dengan kemajuan zaman, kemajuan ilmu dan teknologi. Sehingga generasi muda di Kabupaten Tobasa mampu bersaing dalam menyongsong masa depan yang lebih indah.

(rel/edu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s