TERKAIT RENCANA DANA TRANSFER DESA, APARAT DESA DIMINTA BEKALI DIRI

SigumparMengingat adanya rencana pemerintah pusat pada Tahun Anggaran 2015 nanti, dimana setiap Desa di seluruh Indonesia akan menerima alokasi dana transfer desa dari APBN  sebesar Rp 1 Milliar. Untuk itu, setiap Kepala Desa diingatkan jangan sampai terlilit kasus korupsi dana tersebut. Hal itu diamanatkan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak ketika melantik dan mengambil sumpah 132 orang ketua dan anggota Badan Pertimbangan Desa (BPD) yang digelar di Kecamatan Sigumpar, Tobasa, Kamis (18/12).

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari berbagai sumber, tahun depan (2015), akan ada alokasi dana Desa sebesar Rp 1 Milliar setiap Desa. Jadi Kepala desa BPD, beserta seluruh perangkat desa yang terlibat dalam pengelolaan dana tersebut harus hati-hati dalam pengelolaannya. Telah banyak kasus korupsi yang kita dengar. Kasusnya akibat masalah administrasi. Jadi jangan sampai rekan-rekan kepala desa nantinya terlilit kasus akibat pengelolaan dana yang tidak tepat,” tutur Kasmin.

IMG_1974Untuk itu, lanjutnya, seluruh pemangku jabatan di desa khususnya yang mengelola anggaran, baik Kepala Desa, BPD, dan lainnya sangat perlu memahami tentang pengelolaan keuangan yang baik. Jadi perlu belajar sejak saat ini. Kemudian, “Selalulah kompak, mulai dari perencanaan hingga proses pembangunan, agar penggunaan dana tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan pembangunan dan ekonomi masyarakat di desa masing-masing,” pintanya.

Guna membekali para BPD dan aparat desa tentang pengelolaan keuangan desa tersebut, Bupati Kasmin juga meminta secara khusus agar instansi terkait, mempersiapkan pembinaan dan pelatihan bagi aparat desa tersebut.

Dalam kesempatan itu, perwakilan kepala desa dalam sambutannya mengajak BPD yang baru dilantik untuk sama-sama bekerja dalam memajukan desa masing-masing. “Bukan bekerja sama, nanti persepsinya lain. Tapi, marilah kita sama-sama bekerja memajukan desa kita masing-masing,” tutur perwakilan Kades Tigor Siagian.

IMG_1963Tigor juga menyebutkan, melihat keberhasilan program kerja yang dicanangkan Bupati Kasmin Simanjuntak selama hampir 4 tahun belakangan ini, dia berharap, Bupati Kasmin dapat melanjutkan pembangunan di wilayah tersebut hingga ke masa mendatang. Menurutnya, sepantasnya para kepala desa dapat bergandengan tangan dengan Bupati untuk melanjutkan pembangunan yang telah digagas dan sehingga berkelanjutan untuk direalisasikan.

Senada, mewakili BPD, Eduard Siregar menyampaikan harapannya, agar Bupati Kasmin dapat terus memimpin pembangunan di Tobasa. Menurutnya, Bupati Kasmin telah memberikan perhatian yang menyeluruh dalam membangun, termasuk dalam hal peningkatan kesejahteraan aparatur desa.

Dalam acara itu, ada sebanyak 132 BPD dari 3 kecamatan yang dilantik, yakni dari Kecamatan Silaen, Sigumpar dan Kecamatan Siantarnarumonda. Selain Bupati, turut hadir beberapa pimpinan SKPD Tobasa, pihak Kepolisian dan TNI, Kepala Desa dari 3 Kecamatan, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat lainnya.

(rel/ft)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s