50 BPD SE KECAMATAN PORSEA DILANTIK

TAHUN 2015, BUPATI KASMIN AKAN NAIKKAN HONOR PENYELENGGARA DESA

IMG_20141219_102903Untuk mendukung suksesnya roda pemerintahan di tingkat Desa, Bupati Toba Samosir (Tobasa) Pandapotan Kasmin Simanjuntak meminta kepala desa, BPD dan penyelenggara desa dapat bekerja sama merencanakan dan melaksanakan pembangunan desa.

“Karena itu saya minta para penyelenggara desa harus terus belajar dan kompak”, ujar Bupati Pandapotan Kasmin Simanjuntak dalam arahannya, usai melantik dan mengambil sumpah 50 ketua dan anggota Badan Permusyawaratan Desa se Kecamatan Porsea, yang dipusatkan di Desa Amborgang, Kecamatan Porsea.

Bupati Kasmin juga menegaskan betapa pentingnya fungsi dan peranan BPD, khususnya di bidang pengawasan dan penyusunan peraturan desa. Karena itu, dia berharap, BPD mampu menjalankan tugas dan fungsinya tersebut dengan baik.

“Setiap personil BPD, dituntut memilik semangat kerja dan didukung dengan tingkat pengetahuan yang cukup”, terangnya.

Lebih lanjut ditegaskannya, tangung jawab yang diemban sebagain BPD cukup berat.Sebagaimana sumpah dan janji yang diucapkan, katanya, mengandung makna yang sangat dalam. Hal ini katanya, disamping dipertanggung jawabkan kepada masyarakat, juga harus bertanggung jawab kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sebagai mantan kepala desa, Bupati Kasmin mengakui cukup paham dengan situasi kondisi pemerintahan desa, termasuk tingkat kesejahteraan aparatur desa. Dikatakanya, ketika masih menjadi kepala desa sekitar Tahun 2002, honor kades ketika itu hanya sekitar 40 ribu, dan itupun dibayarkan setiap semesteran. Dan setelah menjabat Bupati, Kasmin secara bertahap setiap tahunnya telah menaikkan honor aparat desa hingga mencapai Rp. 1,1 juta.

“Hingga akhir jabatan saya, akan terus saya tingkatkan. Tahun depan honor kades juga akan naik”, kata Kasmin disambut gembira para aparat desa. Namun demikian katanya, rencana tersebut harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah dan ketentuan peraturan.

Para BPD yang dilantik tersebut, merupakan BPD dari 10 desa di Kecamatan Porsea, yakni Desa Parparean I, II, dan IV, Patane I, II, IV, Nalela, Amborgang, Lumban Gurning, dan Gala-Gala Pakkailan, dan tertuang dalam Keputusan Bupati Tobasa Nomor 191 tahun 2014.

(Relis Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tobasa)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s